Jakarta (ANTARA) - Cuti bersama sejak Kamis (9/5) masih menyisakan dua hari pada akhir pekan ini.

Jika Anda bingung menghabiskan akhir pekan bersama teman dan keluarga, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membagikan rekomendasi wisata libur akhir pekan di DKI Jakarta yang dapat dikunjungi.

Berikut rekomendasi wisata di Ibu Kota seperti disiarkan melalui Instagram Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta @disparekrafdki pada 11- 12 Mei 2024:

1. Lebaran Tenabang 2024

Acara silaturahmi warga Tanah Abang ini merupakan agenda tahunan yang berisi rangkaian budaya Betawi yang dapat Anda saksikan secara cuma-cuma.

Atraksi palang pintu, lomba menguliti kambing dan pertunjukan budaya Betawi lainnya digelar selama satu hari penuh pada Sabtu (11/5) di Kecamatan Tanah Abang di Jalan K.H. Mas Mansyur, Jakarta Pusat pada pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.


2. Pameran dan lokakarya

Pameran Seni Rupa Butet Kertaredjasa bertajuk "Melik Nggendong Lali" bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan akhir pekan ini. Pameran tersebut digelar di Gedung A, Galeri Nasional yang buka pada pukul 09.00 sampai 19.00 WIB.

Untuk Anda yang ingin melakukan lokakarya atau "workshop" bersama teman-teman, Anda dapat mengunjungi Workshop Orang Betawi di Museum Wayang mulai pukul 10.00 WIB.

Tak jauh dari lokasi Museum Wayang yang berada di Kawasan Kota Tua, ada workshop membatik di Museum Mandiri mulai pukul 10.00 WIB.

Selain membatik, Museum Mandiri juga mengadakan workshop "latte art" pada Minggu (12/5) pukul 13.00-15.00 WIB.


3. Pertunjukan tari dan wayang kulit di TMII

Pertunjukan tari pelangi Lamongan dan seni pertunjukan Joko Tingkir dapat Anda saksikan pada Minggu (12/5) pukul 10.00 WIB di Anjungan Jawa Timur, TMII.

Masih berada di kawasan TMII, ada lomba gandang Tambua Tasa Tradisi se-Jabodetabek di Anjungan Sumatra Barat pukul 10.00 WIB.

Masih di hari dan lokasi yang sama, ada juga pagelaran wayang kulit dan pentas tari angguk Kulon Progo yang didalangi Ki Wisnu Hadi Sugito dengan lakon Pendowo Kumpul di Anjungan DIY, TMII pukul 10.00 WIB.


4. "Car Free Day" bersama Maliq & D'essentials

Anda yang rutin berolahraga maupun bersantai di kawasan "Car Free Day" atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di area Bundaran HI, Anda bisa sekaligus menyaksikan penampilan band Maliq & D'essentials.

Acara bertajuk #TemukanSemangatBarumu itu digelar di area Anjungan Halte TransJakarta Bundaran HI. Penampilan musik Maliq & D'essentials dapat disaksikan pada Minggu (12/5) sekitar pukul 07.30-08.30 WIB.


5. Pagelaran Kesenian Budaya di Setu Babakan

Pagelaran tari tradisional Betawi dari sanggar Cahaya Ratnasari dapat disaksikan di Gedung Serbaguna/Amphiteater Kampung M.H. Thamrin Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Acara dimulai pada Minggu (12/5) pukul 14.30 WIB.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024