Cilacap (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengimbau warga yang ingin maju sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Cilacap 2024 melalui jalur perseorangan untuk segera menyerahkan dokumen syarat dukungan.

"Hal ini mengingat hari Minggu (12/5), pukul 23.59 WIB, merupakan batas akhir penyerahan dokumen syarat dukungan calon perseorangan," kata Ketua KPU Kabupaten Cilacap Weweng Maretno di Cilacap, Sabtu.

Ia mengakui jika ada dua warga Kabupaten Cilacap yang telah berkonsultasi dengan KPU terkait persyaratan dukungan bagi calon perseorangan.

Menurut dia, dua warga yang berniat maju sebagai bakal calon bupati itu salah seorang di antaranya berkonsultasi langsung dengan datang ke Sekretariat KPU Kabupaten Cilacap, sedangkan satu orang lainnya berkonsultasi melalui saluran telepon.

Akan tetapi hingga Sabtu (11/5) atau sehari menjelang batas akhir penyerahan dokumen syarat dukungan, kata dia, belum ada satu pun yang menyerahkan berkas tersebut.

"Kami akan meminta staf Sekretariat KPU Kabupaten Cilacap untuk menghubungi dua orang itu guna memastikan rencana pencalonan mereka dari jalur perseorangan," katanya.

Kendati demikian, dia mengingatkan beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh calon perseorangan, antara lain memenuhi syarat minimal sebanyak 97.918 dukungan.

Selain itu, kata dia, dukungan tersebut paling sedikit tersebar di 13 kecamatan se-Kabupaten Cilacap.

Ia mengatakan syarat minimal dukungan tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang intinya menyebutkan bahwa calon perseorangan harus mendapatkan dukungan minimal 6,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) pemilu yang terakhir digelar, yakni DPT Pemilu 2024 yang berjumlah 1.506.430 orang.

"Jadi, bagi warga Kabupaten Cilacap yang ingin mencalonkan diri sebagai bupati melalui jalur perseorangan, kami persilakan untuk berkonsultasi dan menyerahkan syarat dukungan ke KPU Cilacap paling lambat hari Minggu (12/5), pukul 23.59 WIB," kata Weweng.
Baca juga: Artis komedian Dicky Chandra tertarik maju di Pilkada Kabupaten Garut
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024