Kunjungan wisatawan diprediksi akan semakin bertambah bersamaan dengan akhir pekan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mencatat lebih dari 6.000 wisatawan  mengunjungi wilayahnya selama libur dan cuti bersama terkait hari besar keagamaan Kenaikan Yesus Kristus pada 9-10 Mei 2024.

"Total ada 6.022 wisatawan nusantara dan mancanegara mengunjungi wilayah Kepulauan Seribu," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan wisatawan tersebut datang dari berbagai akses yang menjadi pintu masuk ke daerah setempat antara lain Dermaga Marina Ancol, Dermaga Muara Angke, Dermaga Tanjung Pasir, dan Dermaga Cituis.

Ia menyebutkan sebanyak 5.889 wisatawan nusantara dan 133 wisatawan mancanegara mengunjungi pulau-pulau berpenduduk, pulau resort, serta pulau wisata lainnya yang ada di wilayahnya.

"Kunjungan wisatawan diprediksi akan semakin bertambah bersamaan dengan akhir pekan, yang akan menambah waktu libur," kata dia.

Ia menjelaskan untuk menuju Kepulauan Seribu, wisatawan bisa mengakses dermaga Kali Adem dan Marina Ancol dengan tarif yang berbeda-beda.

Melalui dermaga Kali Adem, para pengunjung bisa memanfaatkan kapal kayu dengan tarif sekitar Rp50 ribu hingga Rp80 ribu, serta bisa juga menggunakan kapal Dinas Perhubungan Jakarta dengan tarif sekitar Rp44 ribu hingga Rp74 ribu.

Sedangkan melalui dermaga Marina Ancol tarifnya sekitar Rp150 ribu hingga Rp200 ribu

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu fokus menggarap bidang pariwisata termasuk menyiapkan sejumlah langkah penting pada sektor tersebut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan telah menyiapkan sebelas destinasi wisata unggulan di pulau berpenduduk dan mengajukan ke Provinsi DKI Jakarta untuk menyiapkan pendukungnya berupa peraturan daerah (perda).

Junaedi menjelaskan strategi untuk meningkatkan PAD dilakukan bersamaan dengan perubahan DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Jakarta mengarah ke kota global yang beberapa indikator ada di sektor pariwisata dan penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," kata dia.
Baca juga: Kementerian latih fotografi 80 pelaku jasa wisata Kepulauan Seribu
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu mulai manfaatkan lahan untuk tanaman pangan
Baca juga: Kemenag ajak pelaku usaha Kepulauan Seribu miliki sertifikasi halal

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024