Banjarmasin (ANTARA) -
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin menyampaikan bahwa jamaah haji dijamin 127 kali makan selama di Arab Saudi dalam rangkaian menjalani ibadah haji tahun 2024.
 
"Tiga kali sehari dijamin makan para jamaah haji selama di Arab Saudi," ujarnya saat menyambut kedatangan Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin di Asrama Haji di Kota Banjarbaru, Sabtu.
 
Dia memerinci, saat berada di Makkah 84 kali makan dan di Madinah 27 kali makan, di Masyair atau fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) 15 kali makan.
 
"Tambah makanan ringan satu kali saat di Masyair itu," ucapnya.
 
Ia menyebutkan jamaah calon haji saat di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin juga diberikan layanan maksimal untuk konsumsi dua kali makan dan dua kali makan ringan hingga diberangkatkan.
 
"Insyaallah semuanya diberikan perhatian agar tidak ada yang sampai kelaparan, ini demi maksimalnya mereka menjalani ibadah haji," katanya.

Baca juga: PPIH Batam dapat bantuan 20 kursi roda untuk jamaah lansia
 
Ia mengatakan saat ini operasional haji di Embarkasi Banjarmasin dimulai dengan masuknya jamaah Kloter 01 dari Kabupaten Banjar di Asrama Haji di Kota Banjarbaru, Sabtu sekitar pukul 09.30 Wita.
 
Ia menjelaskan jamaah calon haji saat di asrama haji mengikuti proses penyambutan, pembagian dokumen, yakni paspor dan visa, pemberian gelang identitas, menerima biaya hidup dan cek kesehatan.
 
"Untuk living cost atau biaya hidup yang diberikan ke masing-masing jamaah sebesar 720 Riyal atau jika dirupiahkan sebanyak Rp3.375.000," ujar Tambrin.
 
Dia mengatakan Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin dari Kabupaten Banjar diberangkatkan pada Minggu (12/5), sekitar pukul 8.40 Wita dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ke Madinah Arab Saudi.
 
Sebagaimana besar jamaah calon haji kloter 01 lanjut usia (lansia) sehingga  pelayanan bagi mereka dimaksimalkan.
 
"Karena penyelenggaraan haji tahun ini tetap ramah lansia," ujarnya.
 
Oleh karena itu, ucap dia, untuk JCH lansia diberikan pelayanan utama, bahkan sejak dari rumah hingga keberangkatan dan di tanah suci.
 
"Semuanya dimudahkan bagi mereka, ini instruksi langsung dari Menteri Agama," katanya.
 
Dia menyebut Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin 320 orang dengan petugas dan tenaga kesehatan haji.
 
Dia mengatakan keberangkatan haji Embarkasi Banjarmasin 19 kloter dari dua provinsi, yakni Kalsel dan Kalteng.
 
Anggota JCH Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan pada musim haji 2024 sebanyak 5.759 orang, dengan rincian dari Kalsel 4.071 orang dan Kalteng 1.688 orang.

Baca juga: Makanan untuk jamaah calon haji lansia disesuaikan dengan kebutuhan
Baca juga: Bus ramah lansia dan disabilitas siap layani jamaah Indonesia
Baca juga: Komisi VIII DPR ingatkan Kemenag pelayanan haji lansia harus maksimal

Pewarta: Sukarli
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024