Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal mengatakan bahwa ia cenderung akan bermain di French Open mendatang meskipun tersingkir pada babak kedua di Roma, setelah kalah 1-6, 3-6 dari petenis Polandia Hubert Hurkacz, Sabtu (11/5).

Ikon lapangan tanah liat itu sebelumnya mengatakan bahwa ia hanya akan bermain di French Open, di mana ia telah memenangi rekor 14 gelar, jika ia merasa kompetitif setelah serangkaian masalah cedera selama dua tahun terakhir yang membuatnya mendekam di peringkat 305 dunia.

"Keputusan tersebut, seperti yang dapat Anda bayangkan, masih belum jelas dalam pikiran saya saat ini. Namun jika saya harus mengatakan apa yang saya rasakan dan jika pikiran saya lebih cenderung ke salah satunya, saya akan mengatakan berada di Roland Garros dan mencoba yang terbaik," kata Nadal, dikutip dari AFP, Minggu.

"Secara fisik saya punya beberapa masalah, tapi mungkin belum cukup untuk mengatakan tidak bermain di ajang paling penting dalam karier tenis saya. Mari kita lihat apa yang terjadi, bagaimana perasaan saya secara mental besok, lusa, dan dalam satu minggu."

Baca juga: Nadal kalah di tangan Hurkacz pada babak kedua Roma

Nadal mempertahankan keunggulannya pada dua gim pertama di set pertama, yang membutuhkan waktu 26 menit untuk menyelesaikannya, namun kemudian tertinggal karena kesalahan yang membuat Hurkacz mendapatkan poin.

Petenis berusia 37 tahun itu dua kali mematahkan servisnya dengan drop shot yang salah pada set pertama yang ditutup oleh Hurkacz dalam waktu 49 menit saat Nadal gagal melalui lima gim berturut-turut.

Set kedua berlangsung sama baiknya bagi Hurkacz. Dia tidak kehilangan satu pun servis gimnya, mematahkan servis Nadal pada gim ketiga untuk menang.

Hurkacz selanjutnya akan menghadapi Tomas Etcheverry di babak ketiga, sementara penyelenggara turnamen mengatakan bahwa Nadal menolak perayaan perpisahan pasca pertandingan di lapangan yang kemungkinan besar merupakan penampilan terakhirnya di Foro Italico.

Nadal mengatakan bahwa dia "98 persen, bukan 100 persen" yakin bahwa dia tidak akan pernah lagi tampil di lapangan tanah liat Roma sehingga menolak acara tersebut.

Baca juga: Nadal ucapkan selamat tinggal yang emosional ke penonton Madrid Open

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024