Gianyar (ANTARA) - Penyerang tim nasional putri Jepang U-17, Momo Sato senang berkat torehan golnya mampu membawa tim Samurai Muda melaju ke babak semifinal Piala Asia Putri U-17 2024 atau AFC Womens U-17 Cup 2024.

Jepang telah memastikan satu tiket ke babak semifinal usai membungkam Australia dengan skor 4-1 pada pertandingan kedua grup B Piala Asia Putri U-17 2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (10/5).

"Saya selalu berharap membawa tim ini menang dengan mencetak gol, dan saya sangat senang dengan apa yang saya peroleh." kata Momo Sato dikutip dari laman resmi AFC, Minggu.

Pemain yang saat ini memperkuat klub SMA Daisho Gakuen, Osaka tersebut mengungkapkan jatuh cinta dengan sepak bola saat berusia lima tahun usai diperkenalkan oleh kakaknya tentang permainan si kulit bundar.

"Sepak bola begitu menyenangkan, dan saya sangat menantikan pertandingan menghadapi kakak saya dan saya tidak akan mengalah dalam pertandingan tersebut," ujar Sato.

Baca juga: Jepang U-17 pastikan tiket ke semifinal setelah tekuk Australia 4-1

Kecintaannya dengan sepak bola semakin berkembang usai melihat aksi-aksi dari pemain favoritnya yakni penyerang Barcelona dan timnas Polandia, Robert Lewandowski lalu penyerang Manchester City dan timnas Norwegia, Erling Haaland. Sato yang juga merupakan pemain berposisi sebagai nomor sembilan tersebut juga menyukai penyerang timnas Jepang, Shinji Okazaki.

"Aku belajar banyak dari mereka (Lewandowski dan Haaland) mengenai cara mencetak gol, dan bagaimana mereka menggunakan tubuh untuk mengelabuhi lawan, aku ingin mencontoh mereka. Sementara Okazaki tidak begitu punya badan besar tapi bermain begitu agresif di penyerang dan saya suka dengan gaya dia ketika memotivasi rekan setim," ujar Sato.

"Aku ingin menjadi salah satu penyerang terbaik di dunia dan untuk menjadi itu aku harus selalu mencetak gol untuk timnas maupun klub," tambah Sato.

Menurut Sato, mencetak gol begitu penting dan ia sangat ingin melalui gol-golnya nanti dapat menjadi motivasi bagi orang lain untuk bermain sepak bola.

Sato akan sangat dibutuhkan Jepang untuk mengunci gelar juara grup B saat bersua China pada pertandingan ketiga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Senin pukul 16.00 WITA.

Baca juga: Thailand pelajari China hadapi laga lanjutan Piala Asia Putri U17
Baca juga: Mochi fokus latih Garuda Pertiwi teknik dasar jelang lawan Korut U-17

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024