Depok (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar ) melakukan evaluasi terkait acara pelepasan siswa setelah peristiwa kecelakaan bus yang membawa pelajar SMK Lingga Kencana Depok di Subang.

"Akan ada evaluasi pelepasan siswa bagi sekolah di Jawa Barat," kata Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah II Bogor-Depok Disdik Jabar Asep Sudarsono di Depok, Ahad.

Asep Sudarsono menjelaskan terkait evaluasi pelepasan siswa Disdik Jabar akan membuat peraturan ketat sehingga kejadian serupa tidak terjadi.

"Dinas pendidikan Jabar akan membuat peraturan ketat sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi. Ini kan merugikan banyak pihak, waktu, sekolah dan lainnya," tutur Asep Sudarsono.

Baca juga: Pengamat: Rancang study tour secara akademis agar tak korbankan siswa

Baca juga: Tiga korban kecelakaan di Ciater masih dirawat di RSUD Subang


Dia mengatakan terkait pelepasan, Disdik Jabar telah mengeluarkan surat edaran (SE) kepada seluruh sekolah agar acara pelepasan diadakan sederhana.

Namun ada permintaan dari pihak orang tua murid agar acara pelepasan siswa yang lulus diadakan di luar.

"Disdik Jabar sudah mengeluarkan edaran agar pelaksanaan pelepasan siswa itu diadakan sesederhana mungkin. Karena orang tua ingin, mungkin terakhir kali kadang-kadang ingin pelaksanaannya di luar," tuturnya.

Asep Sudarsono juga menambahkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) terkait pengecekan kelayakan bus pariwisata yang digunakan pelajar SMK Lingga Kencana Depok.

"Kita mencoba menghubungi dinas perhubungan untuk mengecek kelayakan bus pariwisata yang digunakan. Ini suatu musibah yang tidak kami inginkan," ujarnya.*

Baca juga: Polri: TKP bus terguling di Ciater merupakan jalur rawan kecelakaan

Baca juga: Pemkot Depok siapkan 10 liang lahat korban kecelakaan bus di Subang

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024