Jambi (ANTARA) - Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jambi memberikan layanan pemeriksaan dan pemberian vitamin secara gratis untuk hewan peliharaan guna meningkatkan kesehatan hewan peliharaan masyarakat.

Ketua PDHI Jambi Rospita Pane di Jambi, Minggu, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian World Veterinery Day (WVD) atau Hari Dokter Hewan Sedunia.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi pada pekan lalu dan dilanjutkan dengan pemberian vitamin dan obat cacing gratis untuk hewan peliharaan.

Dokter hewan dari PHDI Jambi Larasati Fadlen mengatakan pemeriksaan dan pemberian obat gratis ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan hewan peliharaannya.

Baca juga: PDHI sertifikasi praktik dokter-dokter hewan di Taman Safari Indonesia

Baca juga: Kemunculan hewan di pemukiman karena hilangnya sumber makanan


"Masyarakat harus semakin memahami pentingnya merawat peliharaan, kesehatan dan kebersihannya," kata dia.

Agenda ini juga dijadikan sebagai sarana edukasi dari dokter hewan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan.

"Apalagi hewan peliharaan yang sering berhubungan sama kita juga bisa memberikan penyakit sama kita," kata dia.

Ia menjelaskan sebelumnya kegiatan sosialisasi yang dilanjutkan dengan konsultasi hewan peliharaan gratis.

Para dokter hewan ini juga memberikan vitamin dan obat cacing gratis. Pemeriksaan gratis ini disambut antusias oleh warga Kota Jambi. Beberapa orang membawa hewan peliharaan seperti kucing untuk diperiksa dan mendapatkan obat.

Dari hasil pemeriksaan, rata-rata hewan peliharaan dalam kondisi sehat. Namun, dia mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan melalui pemberian vitamin dan vaksin secara rutin sehingga tidak menularkan penyakit kepada pemelihara.

Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan pantau layanan i-Care JKN di RSIY PDHI 

Baca juga: PDHI: Penyebaran cacat monyet bukan lagi dari hewan ke manusia



 

Pewarta: Tuyani
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024