Renovasi Museum Kavaleri bertujuan untuk merawat sejarah Satuan Kavaleri TNI AD yang menjadi bagian penting dalam perjuangan Republik Indonesia serta meningkatkan kualitas museum dalam melayani masyarakat sesuai dengan fungsi museum sebagai sarana ed
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan renovasi Museum Kavaleri Indonesia yang berada di Kompleks Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) TNI AD di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Renovasi Museum Kavaleri bertujuan untuk merawat sejarah Satuan Kavaleri TNI AD yang menjadi bagian penting dalam perjuangan Republik Indonesia serta meningkatkan kualitas museum dalam melayani masyarakat sesuai dengan fungsi museum sebagai sarana edukasi dan wisata," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Jakarta, Senin.

Diana mengatakan, konsep renovasi museum disesuaikan dengan keselarasan bangunan cagar budaya yang mempertahankan nilai-nilai sejarah kemiliteran di Indonesia. Dengan konsep tersebut diharapkan pengunjung akan merasa nyaman dengan pelayanan yang baik serta memperoleh informasi yang diperlukan.

Renovasi Museum Kavaleri di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT Kadita Berseri dan CV Prisma Karya Nusantara selaku konsultan supervisi. Renovasi museum mencakup pekerjaan struktural, arsitektural hingga mekanikal dan elektrikal.

Bangunan awal dari Museum Kavaleri merupakan rumah negara yang terdaftar sebagai Bangunan Cagar Budaya Tipe C, sehingga pemugaran bangunan dapat diubah atau dibangun baru, namun dalam perubahannya harus disesuaikan dengan pola bangunan sekitarnya atau mengikuti bentuk asli di lingkungan sekitarnya. Pekerjaan renovasi museum dilakukan dengan mekanisme rancang dan bangun (design and build) dengan berfokus pada optimalisasi ruang pameran.

Luas area proyek renovasi Museum Kavaleri sekitar 1990 m2 dengan komposisi lahan yang dapat digunakan untuk bangunan atau Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 60 persen dan 40 persen lahan digunakan untuk ruang terbuka hijau atau Koefisien Dasar Hijau (KDH). Sesuai dengan siteplan tata ruang museum terdiri dari ruang penerima, ruang pameran, kafe indoor dan kafe outdoor, kantor ruang edukasi, koridor, toilet, mushola, dan showcase kendaraan tempur.

Ruang pameran Museum Kavaleri diisi dengan koleksi-koleksi Satuan Kavaleri TNI AD yang berkaitan dengan sejarah, kendaraan tempur, berbagai jenis senjata, peralatan, pakaian, dan artefak lain yang terkait dengan evolusi Kavaleri dalam konteks militer.

Pekerjaan konstruksi renovasi Museum Kavaleri dilaksanakan selama 96 hari sejak 27 September 2023 dan telah selesai 100 persen pada Desember 2023.

Diharapkan dengan selesainya pekerjaan renovasi, Museum Kavaleri dapat menjadi destinasi wisata baru di Kota Bandung sebagai wahana edukasi sejarah kemiliteran di Indonesia dalam memupuk rasa cinta terhadap Tanah Air, khususnya bagi generasi muda.

Baca juga: PUPR: Penyediaan air di IKN terapkan "smart water management system"
Baca juga: Kementerian PUPR sudah membangun 187 bendungan di berbagai wilayah
Baca juga: PUPR: World Water Forum angkat peran infrastruktur air bagi pangan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024