Yogyakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2024 memberangkatkan sebanyak 3.402 calon haji yang terbagi dalam 11 kelompok terbang.

"Kloter (kelompok terbang) kita semua ada 11, yang sembilan utuh dari Yogyakarta dan dua kloter gabungan dengan Jawa Tengah," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag DIY Masmim Afif dalam acara Pamitan Calon Jamaah Haji DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Masmin menyebutkan 3.402 calon haji yang diberangkatkan tahun ini terdiri atas 3.147 orang berasal dari kuota reguler, 128 kuota tambahan, dan 74 orang yang merupakan calon haji mutasi dari daerah lain.

Dari jumlah tersebut, kuota jamaah calon haji lansia tercatat sebanyak 157 orang.

Dia menyebutkan Umirah Suto Rejo asal Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman tercatat sebagai calon haji tertua DIY dengan usia 95 tahun.

Sementara calon haji termuda atas nama Aledewa Rajaa Taqiy asal Ngaglik, Sleman dengan usia 18 tahun.

Masmin memastikan seluruh calon haji DIY telah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan telah dinyatakan memenuhi syarat isthita'ah (kemampuan) kesehatan.

"Semua yang berangkat sudah mendapatkan vaksin meningitis," ujar dia.

Masmin menilai pelayanan haji tahun ini lebih baik karena untuk lokasi pemondokan jamaah haji Indonesia termasuk DIY tidak ada yang ditempatkan di Mina Jadid yang lokasinya jauh dari Jamarat.

"Sekarang semua didekatkan pintu Terowongan Muaisim sehingga tidak ada jamaah kita yang terjauh. Paling jauh sekitar 2 sampai 3,5 kilometer," ujar dia.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY Aidi Johansyah menyebutkan ribuan calon haji asal DIY tersebut terbagi menjadi 11 kloter yang diawali Kloter 46 sampai 54, Kloter 81, dan terakhir Kloter 100.

Kloter 46 menjadi yang pertama masuk Asrama Haji di Donohudan Boyolali, Jateng pada 23 Mei kemudian diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo pada 24 Mei dan dijadwalkan tiba di Tanah Suci pada 25 Mei 2024.

Sedangkan kloter terakhir yakni Kloter 100 akan masuk asrama haji pada 9 Juni, berangkat pada 10 Juni dan dijadwalkan tiba di Tanah Suci pada 10 Juni 2024.

Baca juga: Dua calon haji Kloter II Embarkasi Lombok batal berangkat

Baca juga: Hari pertama, 1.364 JCH embarkasi Solo mendapatkan layanan fast track

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024