Semua perizinan sudah selesai pada minggu lalu tanggal 8 Mei 2024. Sudah keluar juga izin dari Sekretaris Negara dan sudah keluar izin dari exit permit Kementerian Luar Negeri
Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengunjungi dua negara di Timur Tengah menyusul cairnya dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA).

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemkot Surakarta Herwin Tri Nugroho Adi di Solo, Jawa Tengah, Senin mengatakan Gibran izin selama lima hari, 13-17 Mei 2024.

Ia mengatakan ada dua negara yang dikunjungi oleh Gibran, yakni Qatar dan Uni Emirat Arab.

"Semua perizinan sudah selesai pada minggu lalu tanggal 8 Mei 2024. Sudah keluar juga izin dari Sekretaris Negara dan sudah keluar izin dari exit permit Kementerian Luar Negeri," katanya.

Ia mengatakan, perjalanan  Gibran ke luar negeri tersebut dalam rangka menyampaikan progres dana hibah yang telah cair.

"Ini kan progres hibah UEA sudah kelihatan, menyampaikan melaporkan kepada MBZ (Mohammed bin Zayed Al Nahyan) progresnya gimana. Termasuk hibah rumah sakit dan hibah sebelumnya itu sudah sampai mana," katanya.

Menurut dia, yang juga akan dibahas adalah operasional dari beberapa bangunan yang pembiayaannya menggunakan hibah dari UEA.

Dengan demikian, dikatakannya, selama tidak berkantor, tugas sebagai kepala daerah sementara diserahkan kepada Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

Sebelumnya, tepatnya minggu lalu Gibran mengatakan akan melakukan perjalanan ke UEA.

"Saya ke sana untuk melaporkan hibah-hibah itu. Insya Allah dengan dana hibah itu kami bisa segera menyelesaikan rumah sakit dan Islamic Center," katanya.

Baca juga: Pemkot Surakarta buka peluang investasi nonfisik
Baca juga: Pemkot Surakarta prioritaskan dana hibah UEA untuk fasilitas umum
Baca juga: Gibran konsisten perbanyak acara berkelas internasional di Solo

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024