Semarang (ANTARA) - DPC Partai Gerindra Kota Semarang telah menjaring dua kader internal untuk diseleksi secara kapasitas, kesiapan, motivasi, dan semuanya untuk maju pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Semarang 2024.

"Terus terang kami tidak membuka pendaftaran secara terbuka. Ketika kader internal dirasa memungkinkan maju pilkada kami undang," kata Ketua Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Kota Semarang Joko Santoso di Semarang, Senin.

Sejauh ini, sudah ada dua kader internal yang diundang, yakni Mualim yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Semarang dan Yudi Indras Wiendarto (Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng).

Dari dua kader internal itu, kata dia, pihaknya melakukan penjajakan mengenai kesiapan hingga kapasitasnya untuk berkontestasi di ajang pesta demokrasi daerah lima tahunan tersebut.

Namun, Joko juga tidak menutup diri untuk kalangan eksternal yang ingin maju dari Gerindra, sebab beberapa tokoh sudah ada yang berkomunikasi dengan jajaran pimpinan parpol berlambang burung garuda itu.

"Kami juga mengundang calon-calon dari luar yang sekiranya kepengen berkoalisi maupun menggunakan kendaraan (politik, red.) Gerindra. Pak Iswar (Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin) pertama kami," katanya.

Setelah itu, kata dia, ada beberapa tokoh yang diundang dengan total 11 orang, di antaranya Soemarmo (mantan Wali Kota Semarang), Hevearita Gunaryanti Rahayu (petahana), hingga Yoyok Sukawi (CEO PSIS Semarang).

Dari nama-nama tersebut, baik kader internal maupun kalangan eksternal akan digodok dan diseleksi oleh tim untuk kemudian ditetapkan untuk diajukan kepada DPD Partai Gerindra Jateng.

"Ini kan berkembang terus ya, proses diskusi dari DPD kapan menyampaikan rekomendasi. Nanti akan dibuat rekomendasi awal begitu, dan ada rekomendasi akhir. Kami minta waktu dua minggu," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Yudi Indras Wiendarto mengaku mendapatkan undangan dari DPC, khususnya Desk Pilkada untuk membahas mengenai proyeksi Pilkada Kota Semarang 2024.

"Kami berdiskusi saja. Pastinya, kami sebagai parpol cukup punya peran bagaimana Gerindra di Pilkada Kota Semarang bisa menang. Ini baru persiapan, baru bicara strategi dulu bagaimana peta Pilkada Kota Semarang," katanya.

Sebagai salah satu nama kader yang dipertimbangkan oleh Desk Pilkada untuk dijagokan di Pilkada Kota Semarang 2024, Yudi mengaku siap dengan apapun penugasan dari partai yang pastinya sudah diperhitungkan matang.

"Kami hari ini masih lihat situasi. Kalau (kader Gerindra, red.) bisa didorong jadi wali kota, ya, berangkat. Kalau cukup jadi wakil ya harus diterima. Ini satu hal yang realistis di proses Pilkada," pungkasnya.
Baca juga: Partai Gerindra Jateng ingin berkoalisi dengan banyak partai
Baca juga: Gerindra tegaskan Prabowo belum pernah keluarkan susunan kabinet resmi

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024