Banda Aceh (ANTARA) - Polda Aceh mengingatkan para personel Polri di jajarannya untuk bersiap menghadapi tugas pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, di mana Aceh menjadi tuan rumah bersama Sumatera Utara

"Mari siapkan diri untuk tugas pengamanan PON sesuai tupoksi masing-masing agar pelaksanaannya berjalan aman, nyaman, dan sukses," kata Kepala Biro Operasi Polda Aceh Kombes Pol Heri Heriyandi di Banda Aceh, Senin.

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan PON XXI digelar pada 8 hingga 20 September 2024. Pembukaan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut rencananya dibuka Presiden RI Joko Widodo.

Heri Heriyandi menyebutkan PON tersebut akan dihadiri enam ribuan atlet, pelatih, dan ofisial seluruh Indonesia. Termasuk masyarakat dari seluruh provinsi yang menyaksikan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Karena itu, kami mengajak seluruh personel Polri di jajaran Polda Aceh bersiap serta berkontribusi dalam pengamanan PON sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," katanya.

Heri Heriyandi menyebutkan Polda Aceh bersama pemangku kepentingan terkait lainnya siap mengamankan PON XXI. Pengamanan tersebut merupakan tugas pokok kepolisian.

"Karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat di Provinsi Aceh untuk bersama-sama mewujudkan kamtibmas yang kondusif, sehingga pelaksanaan PON berjalan aman, lancar, dan sukses," kata Heri Heriyandi.

Sebelumnya, Polda Aceh menyatakan sebanyak 3.989 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan PON XXI di Provinsi Aceh. Pengamanan difokuskan di 10 kabupaten kota yang menjadi tuan rumah cabang olahraga PON.

Dari 3.989 personel gabungan tersebut, sebanyak 2.443 orang di antaranya dari Polri. Serta dukungan TNI sebanyak 1.021 personel, Satuan Polisi Pamong Praja sebanyak 367 personel serta Badan SAR Nasional sebanyak 148 personel.

Baca juga: Hutama Karya targetkan seksi satu Tol Sibanceh rampung sebelum PON XXI
Baca juga: Pemko Banda Aceh tingkatkan kesiapan sambut PON Aceh-Sumut
Baca juga: Pemprov optimistis renovasi venue PON XXI di Aceh rampung pada Juli 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024