Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menyatakan telah menyiapkan sebanyak tiga Bandara yang dikelola untuk melayani calon jamaah haji 2024, melalui Makkah Route.

“Tiga Bandara di antaranya menggunakan layanan Makkah Route, yakni Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Solo,” kata Direktur Utama Injourney Airports Faik Fahmi dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Faik menerangkan Makkah Route merupakan layanan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yaitu berupa pemindahan proses keimigrasian calon jamaah haji dari Bandara kedatangan, baik itu di Jeddah dan Madinah, ke Bandara keberangkatan di Indonesia.

“Implementasi layanan Makkah Route di tiga Bandara Injourney Airports tersebut ditujukan sebagai upaya efektivitas, efisiensi, serta kenyamanan bagi para calon jemaah haji,” ujar Faik.

Baca juga: InJourney Airports siapkan 13 bandara layani Angkutan Haji 2024

Ia menuturkan layanan tersebut telah hadir di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang sejak 2018, sedangkan di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Adi Soemarmo Solo diimplementasikan pada penyelenggaraan angkutan haji di tahun ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah menyediakan layanan Makkah Route di tiga bandara Injourney Airports, juga kepada Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Agama yang telah mendukung kelancaran pengoperasian layanan ini,” tutur Faik.

Melalui layanan Makkah Route, lanjut Faik mengatakan, diharapkan akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan, juga kenyamanan para calon jamaah haji.

Lebih lanjut Faik mengatakan layanan Makkah Route di tiga bandara yang dikelola Injourney Airports tersebut akan membantu mempermudah proses keberangkatan sebanyak kurang lebih 122 ribu calon jamaah haji, atau sebanyak 60 persen dari total jumlah calon jamaah haji tahun 2024.

Baca juga: InJourney: Borobudur jadi episentrum wisata sipritual

Selain itu, Faik juga mengatakan bahwa pada hari pertama embarkasi haji (12 Mei 2024) melalui 10 Bandara telah melayani keberangkatan sebanyak 6.998 calon jemaah haji dari 18 kelompok terbang (kloter).

Faik menyebutkan 10 Bandara yang melayani keberangkatan calon jemaah haji pada hari pertama pelaksanaan Angkutan Haji 2024 adalah Bandara Hang Nadim Batam, Bandara Minangkabau Padang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

 

Sedangkan tiga bandara lain, yakni Bandara Kualanamu Medan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, dijadwalkan akan mulai melayani keberangkatan calon jamaah haji masing-masing pada 13, 14, dan 29 Mei 2024.

 

“Secara umum, pelaksanaan keberangkatan calon jemaah haji berjalan dengan lancar. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik selama proses penyelenggaraan embarkasi dan debarkasi Angkutan Haji di tahun ini,” pungkas Faik.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024