Melalui RVM ini, pengembalian kemasan botol air minum dalam kemasan bekas pakai dapat dilakukan secara praktis.
Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), bekerja sama dengan Plasticpay meluncurkan inovasi reverse vending machine (RVM) sebagai upaya mendukung program dekarbonisasi menuju target net zero emission (NZE) pada 2060.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan peluncuran RVM, yang bersamaan dengan HUT PGN ke-59 tersebut, akan mempermudah konsumen berpartisipasi dalam mengurangi sampah botol plastik merek apapun.

"Melalui RVM ini, pengembalian kemasan botol air minum dalam kemasan bekas pakai dapat dilakukan secara praktis," ujarnya.

Baca juga: HUT ke-59, PGN tegaskan perluas peran gas bumi sebagai energi transisi

RVM PGN x Plasticpay menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) dalam pengembalian kemasan air minum berbagai bentuk tersebut.

Pengumpulan sampah botol plastik melalui RVM PGN x Plasticpay juga bagian program ESG mendukung SDGs nomor 11 yakni Sustainable Cities and Communities, nomor 12 yaitu Responsible Consumption and Production, nomor 14 yakni Life Below Water, dan nomor 17 yaitu Partnership for the Goals, yang diimplementasikan pada 2024.

"PGN mengucapkan terima kasih atas kerja sama strategis dalam memprioritaskan kepedulian lingkungan. Kerja sama ini meningkatkan upaya perusahaan dalam pengelolaan limbah sampah plastik dengan lebih baik lagi dan ikut aktif dalam program dekarbonisasi menuju NZE 2060," ujar Rachmat.

Ia juga mengungkapkan bahwa bisnis perusahaan diselaraskan dengan strategi dan fokus keberlanjutan pada aspek ESG dengan prioritas pada kepedulian lingkungan.

Langkah itu dapat direalisasikan dari hal-hal kecil dan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi tahun ini, PGN mendorong kesadaran untuk mengurangi sampai plastik.

Dalam keseharian, menurut dia, penggunaan plastik tidak bisa dihindari, namun dapat dikelola dengan lebih bijaksana.

"Sebagai perusahaan migas, PGN memiliki tanggung jawab besar menjaga lingkungan. Dalam aksi nyatanya, PGN ingin kepedulian lingkungan dapat diterapkan di semua lini operasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. PGN mengapresiasi Plasticpay dapat menyediakan sarana dengan teknologi yang modern untuk daur ulang sampah botol plastik," sebut Rachmat.

Pengembalian botol RVM PGN x Plasticpay dapat dilakukan pertama-tama dengan mengunduh dan register aplikasi Plasticpay di Google Play dan App Store.

Selanjutnya, botol dimasukkan ke dalam RVM dan mesin akan menghitung deposit botol secara otomatis.

Baca juga: UPS Badan Air sulap botol plastik bekas menjadi perahuBaca juga: PGN tingkatkan kesadaran masyarakat pada lingkungan saat Hari Bumi

Setelah menyelesaikan transaksi, scan QR code menggunakan aplikasi Plasticpay dan konsumen akan mendapatkan poin Plasticpay, yang dapat ditukarkan dengan e-wallet, bank account, voucher, dan sebagainya.

Imam Pesuwaryantoro, selaku ESG, PR, Corporate Communications PT Plasticpay Teknologi Daurulang menyampaikan apresiasi atas kerja sama strategis antara PGN x Plasticpay dalam rangka percepatan serta akselerasi dekarbonisasi di Indonesia.

Ia percaya kerja sama strategis itu akan banyak memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang inklusif.

"Seluruh kemasan air minum dalam kemasan bekas pakai yang terkumpul secara rutin akan dikelola untuk didaur ulang kembali oleh Plasticpay bekerja sama dengan mitra UMKM binaan. Kemudian, hasilnya dapat dijual kembali dan menjadi bagian dari perputaran ekonomi antara pelaku usaha, pengguna produk, dan sampah plastik yang bisa kembali menjadi modal usaha," jelas Imam.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024