Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyatakan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara untuk tahun anggaran 2023 telah selesai.

Hal itu ditandai dengan peresmian pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin, sebagai bagian dari upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Kabupaten Muna Barat dan di seluruh Provinsi Sulawesi Tenggara pada sore hari ini saya nyatakan selesai untuk tahun 2023," kata Presiden Jokowi melalui keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Senin.

Kepala Negara mengungkapkan bahwa pembangunan dan perbaikan infrastruktur ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mempercepat mobilitas orang dan logistik, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Presiden menyebutkan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah membangun dan memperbaiki 22 ruas jalan di Sulawesi Tenggara dengan total anggaran Rp631 miliar.

Anggaran tersebut termasuk perbaikan dan pembangunan dua ruas jalan di Kabupaten Muna Barat yang menghabiskan biaya Rp42,4 miliar.

Kepala Negara menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur jalan yang baik berperan penting untuk memastikan efisiensi transportasi dan distribusi logistik yang kemudian mempengaruhi perekonomian lokal secara signifikan.

Presiden mengakui bahwa masih ada beberapa ruas jalan yang tersebar di wilayah Indonesia yang masih belum baik. Namun, pembangunan maupun perbaikan jalan rusak akan dilanjutkan tahun ini dengan anggaran Rp15 triliun.

"Masih ada beberapa ruas jalan yang masih belum baik, akan dilanjutkan tahun ini karena secara nasional kalau tahun lalu ada Rp14,6 triliun, tahun ini kita juga ada untuk perbaikan dan pembangunan jalan itu Rp15 triliun," kata Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara peresmian tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Plt. Bupati Muna Barat La Ode Butolo.

Baca juga: Anggota parlemen Korsel sebut Jokowi sebagai sosok revolusioner
Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi Pasar Kambara Sultra
Baca juga: Tinjau RSUD Mina, Presiden tekankan peningkatan yankes terpencil

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024