Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, investasi sektor parekraf kuartal I 2024 mencapai Rp11 triliun.

"Itu sudah disampaikan, targetnya Rp35 triliun (2024) dan di kuartal I 2024 sudah mencapai Rp11 triliun," ujar Sandiaga dalam jumpa pers mingguan yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Dirinya mengungkapkan, target investasi sektor parekraf tahun ini sebesar Rp100 triliun, hal ini sesuai dengan target investasi nasional yang dipatok Presiden Joko Widodo sebesar Rp1.600 triliun atau 4 persen untuk sektor parekraf.
 
Guna mendongkrak capaian investasi itu, Sandiaga mengungkapkan telah menyiapkan salah satu kegiatan yakni International Tourism Investment Forum atau ITIF 2024 yang akan digelar pada 5-6 Juni mendatang.

Baca juga: Menparekraf siap edukasi pelaku parekraf pastikan kelaikan bus wisata
 
Dalam gelaran itu, ia membidik investasi di antaranya dari Timur Tengah, Asia, Eropa dan Amerika Serikat untuk mengucurkan dana di industri hotel, restoran dan kafe (horeka). Pihaknya juga bakal menawarkan investasi untuk resor ekowisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).
 
“Kita juga tawarkan resor ekowisata,dan juga pengembangan tourism estate yang kita tawarkan di lima DPSP dan pengembangan di sekitar kawasan penunjang Ibu kota Nusantara dan desa-desa wisata,” ujarnya.
 
Diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan investasi masuk ke Indonesia sebesar 6-8 miliar dolar AS atau sekitar Rp89-119 triliun (asumsi Rp14.900 per dolar AS) untuk sektor parekraf, sehingga mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.
 
"Kalau diagregasi 6-8 miliar dolar AS dan lapangan kerja yang bisa diciptakan itu untuk (target) 4,4 juta lapangan kerja yang ingin kita ciptakan beberapa tahun ke depan," ujar Sandiaga. 

Baca juga: Delegasi asing akan nikmati budaya Indonesia di World Water Forum Bali

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024