Jakarta (ANTARA) - Sederet peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta pada Senin (13/5) mulai dari peresmian pembangunan fasilitas pengolah sampah menjadi bahan bakar (Refuse Derived Fuel/ RDF) Plant di Rorotan, Jakarta Utara hingga penangkapan sejumlah juru parkir liar.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali pada hari ini:
 
1. "Grounbreaking" RDF Rorotan, Heru: Ini yang terbesar di dunia
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan, fasilitas untuk memproduksi sampah menjadi bahan bakar alternatif (Refuse Derived Fuel/RDF) Plant di Rorotan, Jakarta Utara, merupakan salah satu pembangunan RDF yang terbesar di dunia.
 
Hal tersebut dikatakan Heru saat melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) RDF Plant di Rorotan, Jakarta Utara, bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono pada Senin.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. Bawaslu DKI minta Heru tak lakukan pergantian pejabat jelang pilkada
 
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta meminta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tidak melakukan pergantian pejabat menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Surat imbauan telah dilayangkan sejak awal April 2024 kepada Pak Pj (Heru) agar tidak merotasi pejabat di DKI Jakarta menjelang pilkada," kata Koordinator Divisi Hukum, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bawaslu DKI Jakarta Sakhroji ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
3. Dishub DKI: Juru parkir liar di Masjid Istiqlal sudah ditangkap
 
Dinas Perhubungan DKI Jakarta menegaskan, juru parkir liar di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, sudah ditangkap.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di kawasan Rorotan, Jakarta Utara, Senin, menyebutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan aparat Kepolisian untuk menindak juru parkir liar di lokasi tersebut.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
4. Jaksel tindak 159 warga pembuang sampah di Lokbin Pasar Minggu
 
Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) hingga saat ini telah menindak sebanyak 159 warga pembuang sampah melebihi batas waktu di tempat pembuangan sampah (TPS) depan Lokasi Binaan (Lokbin) Pasar Minggu.
 
"Kalau jumlah warga yang di BAP (berita acara pemeriksaan) banyak, tapi akhir pekan menurun, untuk denda uang belum. Nanti pekan depan kita mulai," kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jaksel Mohamad Amin di Jakarta, Senin.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. PHB Jalan Galunggung siap atasi banjir di Cengkareng Timur
 
Saluran penghubung (PHB) Jalan Galunggung, RT 01/15 Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat telah siap mengatasi banjir akibat hujan di wilayah itu.
 
"Sudah siap atasi banjir karena sudah rampung pengerukan dan perbaikan turap," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat Purwanti Suryandari di Jakarta, Senin.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024