Kemungkinan akan mengalami kenaikan secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan
Jakarta (ANTARA) - CEO Indodax Oscar Darmawan menyatakan Bitcoin mungkin sedang berada pada titik rendah untuk sementara waktu.

"Kemungkinan akan mengalami kenaikan secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan," ungkapnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Dalam beberapa pekan terakhir, pasar kripto disebut mengalami perubahan harga Bitcoin cukup signifikan.

Pekan ini, harga Bitcoin mengalami kisaran harga yang cukup lebar dengan harga terendah mencapai 56,552 dolar Amerika Serikat (AS) pada 1 Mei 2024, dan harga tertinggi mencapai 64,734 dolar AS pada 6 Mei 2024. Sementara pada 13 Mei 2024, Bitcoin diperdagangkan di sekitar harga 62,761 dolar AS.

Dalam keadaan yang berfluktuasi, dia menganggap sangat penting untuk memiliki pemahaman mendalam tentang dinamika pasar kripto dan kesadaran akan faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga.

"Dengan informasi yang tepat, para investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi dan mempersiapkan strategi yang sesuai dengan situasi pasar yang dinamis," ujar dia.

Lebih lanjut, Oscar menekankan bahwa Indodax memandang koreksi pasar sebagai bagian alami dari perjalanan menuju kematangan pasar kripto. Meskipun koreksi harga bisa menimbulkan ketidakpastian sementara, tetapi dapat menjadi peluang bagi investor yang berani memasuki pasar pada saat kondisi seperti ini.

Dia turut menyoroti beberapa faktor yang mempengaruhi koreksi pasar, seperti musim pajak di AS, halving Bitcoin, suku bunga, dan fluktuasi arus masuk ETF (Exchange-Traded Fund).

"Koreksi saat ini adalah bagian yang tak terhindarkan dari perjalanan menuju perkembangan ekosistem kripto, di mana keberanian dan kehati-hatian harus saling beriringan," ucapnya.

Momen pasca halving Bitcoin dipercaya akan meningkatkan harga Bitcoin secara signifikan, walaupun kemungkinan bakal terjadi penurunan harga sementara yang dikenal sebagai penyesuaian harga. Namun, apa yang dianggap lebih penting adalah memiliki trading plan yang matang. Dengan begitu, setiap trader dan investor sudah mengetahui langkah apa yang harus diambil saat harga Bitcoin naik maupun turun.

Dalam konteks ini, Oscar menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan momen seperti ini untuk melakukan investasi dengan teknik Dollar Cost Averaging (DCA) melalui fitur "Investasi Rutin" di Indodax.

"Jika dilihat dari historisnya, setelah koreksi Bitcoin akan mengalami kenaikan, dan ini adalah kesempatan yang baik bagi para investor dan trader untuk memanfaatkan momen buy the dip di harga yang rendah," kata CEO Indodax.

Baca juga: Bittime akan rilis 1,5 miliar token Palapa untuk investor pemula
Baca juga: Indodax tingkatkan pemahaman masyarakat soal aset kripto lewat film
Baca juga: Analis: Pasar kripto tertekan hadapi keputusan suku bunga The Fed


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024