Jakarta (ANTARA) - Kurang bersih saat menghapus make up atau riasan pada wajah, utamanya pada bagian mata, ternyata dapat menyebabkan penyakit hordeolum, atau akrab disebut bintitan.

“Hordeolum adalah benjolan kecil yang sekilas terlihat seperti jerawat atau lepuhan di dekat area bulu mata, penyebab mata bintitan biasanya adalah infeksi bakteri,” ujar Dokter Spesialis Mata jebolan Universitas Brawijaya dr. Bramantya Surya Pratama Sp.M, MMRS, kepada ANTARA, Selasa.

Bramantya menyebut bahwa bakteri umum muncul dari sisa-sisa make up yang tidak sepenuhnya terhapus, mengusap mata dengan tangan yang kurang bersih, hingga paparan debu.

Baca juga: Dokter: Waspada bintit mata berulang, berpotensi jadi tumor

Baca juga: Ahli: Pastikan "make up" di mata rajin dihapus hindari bintit


“Bakteri masuk melalui sela-sela bulu mata,” kata dia.

Selain membuat kepercayaan diri menurun akibat benjolan di mata, bintitan tentu dapat mengganggu kenyamanan penderitanya. Umumnya penyakit ini membuat penderita merasa nyeri ketika berkedip, dapat juga mengganggu penglihatan akibat pembengkakan.

Bintitan mungkin umum terjadi dan sering dianggap sepele, namun, Bramantya mengatakan hordeolum yang tidak diobati dengan baik dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Bahkan, benjolan yang timbul dapat membatu.

“Pokoknya sering-sering bersihkan bulu mata, jangan mengucek mata, dan biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata,” lanjutnya.

Bramantya menyarankan penderita hordeolum untuk memeriksakan kondisi ke dokter mata untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Adapun untuk meredakan bengkak akibat bintitan, Bramantya menganjurkan pasien untuk melakukan kompres mata hangat menggunakan kapas selama lima menit.

“Kompres hangat ini dilakukan dengan cara merendam kapas kosmetik ke dalam air hangat, kemudian diperas, lalu ditempelkan ke kelopak mata dengan mata tertutup,” Bramantya menambahkan.

Membersihkan make up bulu mata agar benar-benar bersih penting untuk menjaga kesehatan mata dan bulu mata. Terkadang, riasan pelentik dan penebal bulumata alias mascara sangat sulit untuk dihapus.

Saat ini, banyak jenama kecantikan yang menyediakan produk penghapus riasan khusus untuk area mata yang sulit untuk dihilangkan.

Penghapus riasan atau make up remover berbasis minyak cukup efektif untuk menghilangkan make up yang tahan air atau waterproof.

Baca juga: Waspadai gejala tumor kelopak mata yang mirip bintitan

Baca juga: Tips jaga mata sehat terhindar dari "computer vision syndrome"

Baca juga: Malas olahraga tingkatkan risiko gangguan mata

 

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024