Ambon (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon melakukan bakti sosial kesehatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dalam rangka Operasi Trisila 2024 di Negeri (Desa) Asilulu Maluku.

"Kegiatan ini berupa pemeriksaan kesehatan umum dan pengobatan gratis sekaligus untuk melakukan sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL di wilayah Leihitu Barat," kata Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa.

Kegiatan bakti sosial kesehatan dan sosialisasi ini melibatkan dokter dan tenaga medis dari Diskes Lantamal IX dan Rumah Sakit dr. F.X. Soehardjo Lantamal IX, juga tim sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL dari staf personel Lantamal IX.

Baca juga: Lantamal VIII buka posko bantuan kemanusiaan erupsi Gunung Ruang

Dalam bakti sosial tersebut dilakukan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, hingga pengobatan gratis pada penyakit ringan yang dialami masyarakat setempat.

"Dokter dan tenaga kesehatan juga memberikan rujukan kepada mereka yang membutuhkan penanganan lebih lanjut ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat," katanya.

Danlantamal IX mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Negeri (Desa) Asilulu yang sangat antusias menyambut kedatangan Danlantamal IX bersama perwakilan Satgas Operasi Trisila TNI AL Tahun 2024.

Baca juga: Lantamal X Jayapura gelar operasi "Cenderawasih Jaya 24 "

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang luar biasa, suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya bisa diterima oleh masyarakat Negeri (Desa) Asilulu. Dalam kegiatan pagi ini saya datang bersama dengan beberapa staf dan perwakilan Satgas Operasi Trisila TNI AL 2024," katanya.

Danlantamal Said Latuconsina juga berharap dengan adanya kegiatan bakti sosial kesehatan dan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Negeri (Desa) Asilulu serta dapat menjaga silaturahim antara Negeri (Desa) Asilulu dan Lantamal IX Ambon.

"Kegiatan sosialisasi penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut dan kegiatan pengobatan atau bakti sosial kesehatan yang sedang dilaksanakan mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh bapak dan ibu sekalian sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di Negeri (Desa) Asilulu. Kegiatan Operasi Trisila TNI Angkatan Laut Tahun 2024 ini semoga menambah hubungan kekeluargaan antara Negeri (Desa) Asilulu dengan Lantamal IX dan TNI Angkatan Laut," ujarnya.

Baca juga: Lantamal IX Ambon edukasi mahasiswa terkait kesehatan berbasis bahari

Pada kesempatan tersebut Danlantamal IX juga membagikan sembako kepada masyarakat Negeri (Desa) Asilulu.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024