Keberanian seperti ini yang saya harus mengapresiasi karena itu menyangkut keberanian kepala daerah untuk membangun daerahnya karena fiskalnya enggak cukup. Yang meminjam disiplin anggarannya setiap tahun bisa tercapai itu yang bagus
Konawe (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe.

Presiden Jokowi saat ditemui di Konawe, Selasa, mengatakan ia terus melakukan peninjauan terhadap fasilitas kesehatan di berbagai daerah di Indonesia dan RSUD Konawe tidak luput dari peninjauan tersebut.

"Kembali saya meninjau rumah sakit, sudah beberapa kali saya masuk ke Rumah Sakit Daerah dan yang ini, pagi hari ini, saya masuk ke RS Daerah di Kabupaten Konawe," kata Presiden Jokowi usai melakukan kunjungan di RSUD Kabupaten Konawe.

Dia juga mengapresiasi RSUD Kabupaten Konawe yang memiliki berbagai ruangan hingga taman yang sangat bagus.

Baca juga: Presiden tinjau RSUD hingga resmikan jalan daerah di Sultra

"Saya melihat ruangan-ruangannya bagus. Landscape taman juga bagus, sinar matahari juga bisa masuk ke ruangan-ruangan juga bagus," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan yang menjadi kabar gembira adalah RSUD Konawe yang dibangun menggunakan dana pinjaman dari PT SMI itu akan lunas pada tahun 2024 ini.

"Saya senang RS ini dibangun dari pinjaman PT SMI yang dicicil setiap tahun dan tahun ini akan lunas," ungkap Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden nyatakan infrastruktur Sulteng telah pulih pascatsunami
 
Presiden RI Joko Widodo saat diwawancarai awak media. (Antara/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)


Presiden mengapresiasi kepala daerah yang telah mempunyai keberanian untuk membangun daerahnya. Sebab pinjaman untuk membangun RSUD tersebut merupakan salah satu keberanian yang dilakukan oleh kepala daerah untuk membangun daerah yang dipimpinnya.

"Keberanian seperti ini yang saya harus mengapresiasi karena itu menyangkut keberanian kepala daerah untuk membangun daerahnya karena fiskalnya enggak cukup. Yang meminjam disiplin anggarannya setiap tahun bisa tercapai itu yang bagus," ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menuturkan pihaknya akan mengirimkan beberapa alat yakni mammogram, CT-Scan, dan Catlab untuk RSUD Kabupaten Konawe itu. Namun ia juga akan melihat kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), kesiapan spesialis, kesiapan ruangan untuk beberapa alat tersebut.

"Tadi beliau Pak Bupati sudah menyiapkan, Pak Gubernur akan menyiapkan, tugas dari pemerintah pusat untuk mengirimkan alat-alat yang sangat mahal tadi untuk memperbaiki pelayanan di bidang kesehatan," ucap Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi soroti alkes super canggih tak diimbangi ruang memadai

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024