Jakarta (ANTARA News) - Situs resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dinobatkan menjadi situs terbaik, mengalahkan 47 situs kementrian / lembaga se-Indonesia, versi e-Transparency Award 2013.

Ajang e-Transparency Award adalah program IMAGES (Improving Ministries and Agencies Website for Budget Transparency) yang digagas oleh Paramadina Public Policy Institute (PPPI) dan didukung secara aktif oleh berbagai elemen masyarakat sipil seperti Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) dan lain-lain.

Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto yang dalam hal ini menjabat ketua komite yang menangani Open Government Indonesia menilai situs Kemenperin paling informatif, berguna, berdesain baik, dan paling sesuai dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), serta transparan dalam anggaran dan kinerja.

“Dua tahun lalu, masih banyak Kementerian dan Lembaga yang belum memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Padahal ini penting, karena informasi sangat penting diorganisasi dengan baik. Ini adalah awal dari keterbukaan pada masyarakat karena hakikat demokrasi adalah masyarakat tahu apa yang kita lakukan,” kata Kuntoro di Financial Hall, Graha CIMB, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Penghargaan e-Transparency dinilai oleh 15 juri ahli seperti Abdul Rahman Ma’mun (Ketua Komisi Informasi 2011 – 2013), Jamil Mubarok (Koordinator Masyarakat Transparansi Indonesia), Wicaksono (@ndorokakung, Plasa MSN), dan lain-lain.

Dalam penghargaan tersebut, terdapat lima kategori penilaian yaitu ketersediaan informasi anggaran, informasi kinerja, arsitektur website, tatakelola informasi, dan antar muka pengguna.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013