BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia memiliki aspirasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat gravitasi syariah global. Kami harap gelaran ini dapat memenuhi kebutuhan tersebut
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap menggelar pameran ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal berskala internasional pertama di Indonesia bertajuk BSI International Expo 2024.

BSI International Expo 2024 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A & B, Jakarta, pada 20 hingga 23 Juni 2024.

“BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia memiliki aspirasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat gravitasi syariah global. Kami harap gelaran ini dapat memenuhi kebutuhan tersebut,” kata Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar di Jakarta, Selasa.

BSI International Expo 2024 mengusung tema “Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem”. Pameran akan diikuti oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional serta mitra perusahaan. Mereka dapat memperkenalkan, mempromosikan, serta memasarkan produk, jasa, layanan, dan hasil karya halal, sehingga diharapkan dapat makin berdaya saing dan mampu berlaga mancanegara.

BSI menyediakan 196 booth pada pameran tersebut. Menurut Wisnu, jumlah keterisian booth telah mencapai 100 persen.

BSI juga berencana menghadirkan sejumlah pelaku bisnis mancanegara, di antaranya dari Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Tajikistan, dan Turki untuk mewadahi business matching.

Pameran juga menyediakan rangkaian acara seminar industri halal, pakar industri, akademisi, dan pembuat kebijakan guna memberikan wawasan, best practice, serta rekomendasi strategi untuk mendorong pertumbuhan pasar halal yang berkelanjutan.

BSI memprediksi halal lifestyle di Indonesia akan berkembang pesat dari tahun ke tahun, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Islam dunia. Di sektor ekonomi Islam global, belanja konsumen tumbuh 9,5 persen (year on year/yoy) menjadi 2,29 triliun dolar AS pada tahun 2022.

Selain itu, Indonesia menjadi negara dengan belanja konsumen makanan halal terbesar kedua di dunia dengan perkiraan belanja muslim global di sektor ini mencapai 1,89 triliun dolar AS pada tahun 2027.

Potensi tersebut yang melandasi BSI menggelar pameran International Expo 2024.

“Melalui acara ini, kami ingin menghadirkan akses dan menghubungkan para konsumen ke berbagai produk dan lifestyle halal. Tidak hanya itu, kami juga ingin menghubungkan merk/produk halal dengan calon mitra usaha serta mempersiapkan dan memberikan peluang bagi produk UKM untuk memasuki pasar internasional,” ujar SVP Marketing Communication BSI Kemas Erwan Husainy.

Baca juga: Wapres: Perbankan syariah perlu prioritaskan peningkatan tata kelola
Baca juga: Kinerja solid, analis rekomendasikan beli saham BRIS dengan TP Rp3.400
Baca juga: BSI berangkatkan 83 persen jemaah haji Indonesia 2024

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024