Kita akan melakukan penerbangan langsung dari Thailand menuju Yogyakarta untuk memberi kemudahan bagi umat Buddha....
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmojo mengatakan, pihaknya siap mendukung pembukaan penerbangan langsung dari Thailand ke Yogyakarta untuk memberikan kemudahan bagi umat Buddha beribadah di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
 
“Kita akan melakukan penerbangan langsung dari Thailand menuju Yogyakarta untuk memberi kemudahan bagi umat Buddha di Thailand dan di wilayah Asean untuk dapat beribadah di Borobudur bisa lebih mudah dan lancar,” ujar Tiko sapaan akrabnya, dalam konferensi pers penyambutan Bhikku Tudong menuju Waisak di Borobudur yang digelar di Jakarta, Selasa.
 
Hal tersebut dilakukan guna mendukung peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman ) ke candi Buddha terbesar di dunia ini seiring dengan rencana holding BUMN sektor aviasi dan pariwisata PT Aviasi Pariwisata atau InJourney melakukan perbaikan tata kelola di destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Borobudur.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penambahan rute penerbangan langsung ke Indonesia diharapkan dibuka dari Laos, Vietnam, Thailand yang didominasi masyarakat memeluk agama Buddha.
 
“Tadi bapak Wamen BUMN Tiko menitipkan juga mendorong penerbangan langsung dari Thailand, dari Laos dari Vietnam dan juga beberapa destinasi di China,” ujar Sandiaga.
 
Sehingga diharapkan penambahan penerbangan itu mampu meningkatkan jumlah wisatawan umat Buddha ke Candi Borobudur saat hari Waisak.
 
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, untuk merealisasikan rencana penambahan penerbangan itu, pihaknya telah menjalin dialog dengan 30 agen perjalanan di Thailand untuk mempromosikan wisata spiritual atau pilgrim trip.
 
Ia memproyeksikan, perjalanan wisata spiritual itu bakal dimulai dalam tiga bulan ke depan dengan menggunakan pesawat charter dari Thailand ke Yogyakarta melalui bandara Yogyakarta International Airport (YIA).
 
Pada tahun ini, Maya mematok target sebanyak 1-2 juta kunjungan wisman ke Candi Borobudur dapat tercapai lewat wisata spiritual.
Baca juga: Kemenparekraf gelar rangkaian promosi Borobudur guna tarik wisatawan
Baca juga: InJourney: Borobudur jadi episentrum wisata sipritual

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024