Kita tentunya sangat bersyukur ada long weekend kemarin dan animonya sangat tinggi.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan minat berwisata masyarakat khususnya di Jabodetabek periode libur panjang akhir pekan (long weekend) pada 9-12 Mei 2024 lalu cukup tinggi.
 
"Kita tentunya sangat bersyukur ada long weekend kemarin dan animonya sangat tinggi," kata Menparekraf Sandiaga, di Jakarta, Selasa.
 
Tingginya minat masyarakat untuk melakukan pergerakan ini, kata dia lagi, dapat terlihat dari data yang dikeluarkan PT Jasa Marga pada 8 hingga 10 Mei 2024. Sebanyak 478.761 kendaraan meninggalkan Jabodetabek atau meningkat sebesar 9,13 persen dibanding dari kondisi normal.
 
Peningkatan tercatat di lintas empat gerbang utama, yakni Gerbang Tol (GT) Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama arah Bandung.
 
Sedangkan untuk destinasi, sejumlah destinasi favorit wisatawan di Jakarta menjadi tujuan utama, termasuk Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Impian Jaya Ancol (TIJA).
 
"Untuk Taman Impian Jaya Ancol, lebih dari 111 ribu kunjungan yang tentunya menambah pergerakan wisatawan," kata Menparekraf Sandiaga.
 
Sementara di luar Jabodetabek, destinasi yang dipadati wisatawan adalah Ciwidey, Lembang, dan Pangandaran untuk di Jawa Barat, Kota Lama Semarang, Borobudur, Malioboro, serta Dieng untuk destinasi di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
 
Menparekraf berharap, peningkatan pergerakan ini akan memperkuat pencapaian target kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2024 untuk mencapai 1,2 miliar hingga 1,5 miliar pergerakan.
 
"Sehingga ini diharapkan akan memberikan dampak pada peningkatan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat," katanya pula.
Baca juga: Long weekend, PT KAI sediakan 24 ribu tiket KA Pangrango dan Siliwangi
Baca juga: Sandiaga: Libur panjang akhir pekan topang capaian pergerakan wisnus

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024