Beijing (ANTARA) - Acara tahunan selama sepekan yang bertujuan untuk mendorong pendidikan kejuruan di kalangan masyarakat telah dimulai di China melalui serangkaian kegiatan yang diagendakan secara nasional, menurut Kementerian Pendidikan China.

Pekan Pendidikan Kejuruan 2024, yang sekaligus menandai peringatan 10 tahun prakarsanya sejak 2015, merupakan upaya kolaboratif yang melibatkan Kementerian Pendidikan dan sembilan departemen pemerintah lainnya.

Rangkaian kegiatan ini akan berlangsung dari 12 Mei hingga 18 Mei.

Menurut sebuah dokumen resmi, acara tahun ini menekankan pada perencanaan kegiatan berbasis industri yang membantu mendorong integrasi pendidikan dan industri, sekaligus memajukan kerja sama antara sekolah dan perusahaan.

Sekolah-sekolah kejuruan di seluruh negara itu diinstruksikan untuk menyelenggarakan kegiatan seperti pameran keterampilan kejuruan, layanan masyarakat, dan konsultasi pendaftaran murid.

Acara-acara tersebut ditujukan untuk menarik partisipasi masyarakat luas dan memamerkan pendidikan serta pelatihan kejuruan terbaik di negara itu.

China telah menetapkan pembinaan tenaga terampil sebagai strategi penting untuk pembangunan berkualitas tinggi.

Saat ini, China memiliki lebih dari 200 juta tenaga kerja terampil, yang mencakup lebih dari 26 persen dari populasi pekerja di negara itu. Per akhir 2025, angka tersebut diperkirakan akan menembus 30 persen.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024