Jakarta (ANTARA) - Beredar di dunia maya peta jalan Apple hingga 2027 dari seorang pemberi bocoran gawai dengan nama Revegnus1 di platform X, yang berisi rencana pembuatan iPhone SE 4 sampai iPhone lipat.

Tahun ini, menurut peta jalan itu, Apple menyiapkan iPad pertama yang menggunakan layar OLED dan headset augmented reality Vision Pro. Kedua gawai itu sudah diluncurkan, yaitu Vision Pro pada Februari dan iPad Pro 11 inci dan 13 inci pekan lalu, seperti diberitakan laman Phone Arena, Selasa (14/5).

Peta jalan Apple itu juga memuat informasi bahwa iPhone 16 dan 16 Plus akan mendapat peningkatan RAM dari 6GB menjadi 8GB. Pada iPhone 15, hanya versi Pro dan Pro Max yang mendapatkan RAM 8GB.

Apple juga akan memberikan kamera periskop dengan lima kali pembesaran optik pada iPhone 16 Pro dan Pro Max, seperti yang dikatakan analis TF International Ming-Chi Kuo, yang dijuluki "Ahli Apple" karena prediksinya sering akurat.

Baca juga: Apple fokus kembangkan AI dan chip untuk iPhone 16

Baca juga: Apple dikabarkan masih berharap kembangkan iPhone lipat


iPhone 16 versi Pro juga diperkirakan akan berukuran layar lebih besar, yaitu dari 6,1 inci menjadi 6,3 inci (iPhone 16 Pro) dan 6,7 inci menjadi 6,9 inci (iPhone 16 Pro Max).

Tahun depan, Apple dijadwalkan meluncurkan iPhone SE 4 dengan kamera 48MP dan layar 6,1 inci. Sementara untuk iPhone 17, gawai itu akan menggunakan tiga kamera 48MP di belakang dan kamera depan 48MP yang sudah dilengkapi dengan fitur stabilisasi.

Apple disebut akan membuat iPhone lipat berukuran layar depan 6 inci dan layar bagian dalam 8 inci pada 2025.

Pada 2026, Apple akan memperkenallkan iPad AIr 10,9 inci dan iPad Mini 8,4 inci, keduanya menggunakan panel OLED. Panel tersebut juga akan digunakan pada lini MacBook 14 dan 16 inci.

Terakhir, pada 2027 atau mungkin 2028, Apple diprediksi membuat kacamata AR dan iPad lipat 20 inci.

Baca juga: Tak hanya iPhone, Apple dikabarkan tengah kembangkan iPad lipat

Baca juga: Apple mulai uji coba panel layar lipat untuk iPhone dan iPad


 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024