"Pengawalan ini untuk mendukung kelancaran pemberangkatan calhaj tahun ini,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengerahkan tiga tim untuk mengawal keberangkatan calon jemaah haji (calhaj) Kepulauan Babel menuju embarkasi Palembang Sumatera Selatan.

"Pengawalan ini untuk mendukung kelancaran pemberangkatan calhaj tahun ini," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang Alimuddin di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan dalam mendukung kelancaran keberangkatan calhaj Provinsi Kepulauan Babel, Kantor Imigrasi Pangkalpinang membentuk tiga tim yakni Tim Alpha, Tim Bravo dan Tim Charlie yang secara bergiliran melakukan pemeriksaan keimigrasian untuk setiap kloter yang terpusat di Asrama Haji Babel.

"Tim Alpha bertanggungjawab terhadap pemeriksaan keimigrasian Kloter 4 yang berangkat pada tanggal 15 Mei 2024," ujarnya.

Sementara itu, Tim Bravo dan Charlie akan bertanggung jawab pada pemeriksaan keimigrasian calhaj yang akan berangkat pada 17 Mei 2024 dan 18 Mei 2024.

“Setiap unit terdiri dari 13 petugas dimana ada satu penanggung jawab, satu supervisor dan 11 anggota," ujarnya.

Ia menyatakan setiap unit juga akan bertanggung jawab dalam pemeriksaan keimigrasian yang dilakukan secara terpusat di Asrama Haji Kepulauan Babel dan diharapkan anggota dapat memberikan pelayanan terbaik untuk memperlancar calon jemaah haji di Embarkasi Antara Bangka Belitung berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

"Hari ini 440 calhaj tergabung kloter 4 sudah diberangkatkan Rabu dini hari (15/05) dan berjalan dengan lancar," katanya.

Ia menambah kloter 4 ini diberangkatkan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menggunakan 3 pesawat Maskapai Garuda Indonesia yaitu GA1340, GA1360, GA1380.

"Calhaj ini akan diterbangkan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines SV5175 menuju Bandara Amir Mohammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada Rabu (15/5) pukul 10.30 WIB," katanya. 
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024