Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku berkomitmen mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul pada peringatan Hari Pattimura Ke-207 tahun 2024.

"Perayaan Hari Pattimura Ke-207 hari ini merupakan momentum untuk menggelorakan kembali spirit nasionalisme Pattimura-Pattimura muda dalam membangun negeri ini dengan peningkatan SDM serta penguasaan teknologi," kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie di Ambon, Rabu.

Hal itu dikatakan Sadali Ie dalam upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Pattimura Ke-207 tahun 2024, yang digelar dengan tema "Lanjutkan Perjuangan Pattimura, Wujudkan Maluku Maju Menuju Indonesia Emas".

Menurut Sadali, semangat Kapitan Pattimua harus menjadi motivasi bagi generasi muda Maluku saat ini dengan terus melakukan kegiatan positif dan meningkatkan kapasitas diri ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Pemkab Maluku Tengah gelar kegiatan sosial sambut Hari Pattimura

“Pattimura telah tiada, tetapi Pattimura-Pattimura muda akan tetap ada untuk bersama-sama menghadapi tantangan demi masa depan Maluku yang lebih gemilang,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa perayaan Hari Pattimura menjadi perenungan bagi kita semua dalam menghayati nilai-nilai perjuangan Pattimura seperti keberanian, rela berkorban, patriotisme, dan cinta Tanah Air, yang tidak boleh lapuk ditelan zaman.

“Di tengah realitas perubahan zaman ini, kita membutuhkan komitmen yang kuat untuk terus berjuang dan tidak menyerah, seperti Pattimura yang tangguh berjuang pantang menyerah demi kemajuan bangsa dan tanah air,” ujarnya.

Ia menegaskan, selaku Pattimura-Pattimura muda masa kini, perlu terus menyalakan api perjuangan dan loyalitas dalam membangun daerah, bangsa, dan negara.

Baca juga: Masyarakat Maluku Peringati Hari Pattimura dengan Lari Obor

“Melalui tugas dan fungsi kita masing-masing, marilah kita pastikan bahwa seluruh pengabdian kita dilandasi oleh rasa cinta tanah air yang tinggi,” ujar Sadali.

“Mari kita terus melangkah, bersinergi dan berkolaborasi lintas sektor, lintas profesi, lintas agama, dan budaya demi mewujudkan Maluku yang maju dan Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama,” kata dia.

Sadali menjelaskan bahwa Maluku Maju dan Indonesia Emas, tentu dapat diraih dengan bermodalkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan menguasai teknologi.

“SDM unggul adalah orang-orang yang memiliki profesionalisme, keahlian pada bidangnya, juga memiliki karakter,” kata Sadali.

Baca juga: Gubernur: Perjuangan Pattimura inspirasi generasi muda bangun Maluku

Oleh sebab itu, ia mengatakan, perhatian dan dukungan kepada pengembangan SDM generasi muda perlu ditingkatkan secara sistematis dan berkelanjutan, dalam hal ini seperti organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, sebagai wadah pengkaderan generasi muda, harus terus menata diri dan mengembangkan profil kadernya, sehingga benar-benar tangguh di era digital saat ini.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024