Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menerima kunjungan pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris untuk Indonesia, dengan tujuan utama terkait pembahasan beasiswa chevening bagi peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Papua Suzana Wanggai di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya menyambut baik kunjungan pihak Kedubes Inggris yang bertujuan untuk menawarkan beasiswa.

“Kami mengapresiasi kunjungan tersebut yang mana bertujuan menawarkan beasiswa untuk peningkatan SDM ASN Bumi Cenderawasih,” kata Suzana.

Dia berharap ada lebih banyak lagi kuota bagi Papua, sebab dengan begitu tidak hanya peningkatan kapasitas SDM, namun juga bagi para pencari kerja.

“Apalagi fokus pemerintah saat ini adalah membangun bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian, di samping sektor pendukung lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Suzana menjelaskan gambaran potensi Papua setelah terbentuk daerah otonomi baru (DOB) yang juga terfokus pada potensi kelautan dan pertanian.

Sementara itu, Second Secretary Politic Affairs Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Nick Faulkner mengatakan pada kegiatan tersebut pihaknya memperkenalkan lebih jauh terkait program beasiswa chevening karena sejauh ini belum banyak alumni dari Papua.

“Intinya kami punya perhatian yang besar untuk peningkatan kapasitas SDM Papua,” katanya.

Menurut Nick, selain itu juga pada pertemuan tersebut pihaknya membahas berbagai isu strategis di Papua, termasuk perlindungan bagi perempuan dan anak.

Baca juga: Majukan Inklusi Digital Penyandang Disabilitas, Kedutaan Besar Inggris Luncurkan "Tech to Empower 2023"
Baca juga: Pemerintah Inggris ajak Unibos berkolaborasi kembangkan pendidikan
Baca juga: Inggris dukung pengembangan SDM maritim di Politeknik Batam

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024