Makassar (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Dinas Sosial Sulawesi Selatan melakukan pemulihan trauma (trauma healing) di posko pengungsian bencana di Kabupaten Luwu.
 
Melalui rilisnya di Makassar, Rabu, Kepala Dinas Sosial Sulsel Abdul Malik Faisal bersama Tim Kementerian Sosial bergerak cepat melakukan safari di beberapa posko pengungsian banjir dan longsor di Kabupaten Luwu.
 
"Melalui safari ini, dilakukan metode-metode untuk menghilangkan trauma yang dialami para korban bencana yang dipimpin langsung ahli trauma healing," kata Malik Faisal.
 
Metode yang dilakukan dengan cara memberikan gerakan senam, memotivasi, membagikan mainan, serta hiburan yang dapat menambah semangat untuk melupakan kejadian sebelumnya. Proses ini diyakini dapat mengatasi gangguan psikologis, seperti kecemasan dan panik, terutama pada anak-anak setelah diterpa bencana.

Baca juga: 2.896 warga Luwu masih mengungsi tersebar di sembilan kecamatan

Baca juga: PTPN Salurkan 5,5 Ton Sembako Bantu Korban Banjir Bandang Luwu
 
Pemerintah terus menerus menaruh perhatian besar terhadap bencana alam yang melanda Sulsel, khususnya di Kabupaten Luwu.
 
"Kegiatan ini lebih mendukung menghilangkan trauma, menenangkan mereka apalagi anak-anak. Dengan kondisi adanya bencana ini, anak-anak itu pasti merasa ada trauma. Jadi kami dari Dinas Sosial bersama tim dari kementerian mengadakan trauma healing," kata Malik Faisal.
 
Hingga memasuki malam hari, Malik Faisal ditemani Tim Kemensos tetap menjalankan kegiatan itu dari posko ke posko pengungsian agar trauma yang diderita korban bencana secepatnya hilang.
 
Ada tiga titik posko pengungsi yang dikunjunginya, yakni di Kecamatan Belopa, Kecamatan Bajo, dan Kecamatan Bajo Barat.
 
Malik Faisal menambahkan, kunjungannya ini juga untuk memastikan korban bencana di posko pengungsian itu berada dalam kondisi sehat seluruhnya. Sekaligus mendistribusikan bantuan logistik untuk para korban terdampak dan mendata bantuan apa saja yang belum tersalurkan di posko pengungsian tersebut.
 
Kedatangan Malik Faisal dengan tim disambut hangat oleh warga yang menjadi korban tragedi longsor, bahkan para korban sangat berterima kasih atas kehadirannya yang telah memberi motivasi bantuan kepada anak-anaknya.*

Baca juga: Mensos beri penghargaan TNI AU karena aktif bantu korban banjir Luwu 

Baca juga: LPS beri bantuan bagi korban banjir dan tanah longsor di Luwu Sulsel

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024