Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyiapkan 1.378 formasi dalam seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2024 khusus penempatan Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI Wawan Djunaedi dalam keterangan di Jakarta, Kamis, mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan formasi teknis CASN 2024 untuk Kemenag 13.780 orang.
 
"Untuk IKN ini jumlahnya 10 persen dari jumlah tenaga teknis, seperti pula dengan yang ada di kementerian lain. 10 persennya dari 13.780 berarti 1.378," katanya.

Baca juga: Pakar Unair: Pemindahan ASN ke IKN kebijakan strategis
 
Ia mengatakan Kemenag RI dijadwalkan akan pindah ke IKN pada gelombang ketiga pada 2025-2026.
 
"Jadi sebelum pemindahan kantor pusat Kemenag ke IKN, rencananya ada dua opsi, mereka bisa ditempatkan di satker (satuan kerja) pusat di Jakarta atau difungsikan ke daerah terdekat," ujarnya.
 
KemenPAN-RB telah menetapkan formasi untuk rekrutmen CASN 2024 sebesar 1,28 juta formasi yang terdiri atas 75 kementerian dan lembaga sebanyak 427.850 orang serta 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174 orang.
 
Jumlah 1,28 juta formasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional 2,3 juta orang secara bertahap.
 
ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CASN yang bisa dilamar oleh fresh graduate (lulusan baru perguruan tinggi) serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks-tenaga honorer kategori (THK) II yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).
 
Pemerintah juga menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate untuk menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Baca juga: Kementerian PUPR: Progres Rusun ASN di IKN rata-rata capai 40 persen
Baca juga: BKD Kaltim: ASN daerah bersiap dalam transisi ke IKN
Baca juga: Pemindahan ASN ke IKN dilakukan bertahap hingga 2029

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024