Teheran (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Italia Emma Bonino Sabtu tiba di Teheran untuk memimpin delegasi tingkat tinggi guna kunjungan dua hari.

Selama berada di ibu kota Iran, Menteri Luar Negeri Italia dijadwalkan untuk membahas isu-isu kepentingan bersama serta masalah-masalah regional dan internasional dengan para pejabat Iran.

Bonino akan mengadakan pertemuan terpisah dengan Wakil Presiden dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Iran, Masoumeh Ebtekar dan Wakil Presiden untuk Urusan Perempuan dan Keluarga, Shahindokht Molaverdi pada Sabtu.

Dia juga akan mengadakan pertemuan dengan timpalannya dari Iran Mohammad Javad Zarif nya pada Minggu.

Dalam sebuah wawancara dengan IRNA, Duta Besar Iran untuk Italia Jahanbakhsh Mozaffari menyatakan puas dengan perkembangan baru dalam hubungan Tehran-Roma, dan mengatakan, Italia memiliki posisi khusus dalam kebijakan luar negeri Iran.

Mengacu pada Italia sebagai negara Uni Eropa utama, ia memuji sikap positif negara itu mengenai penyelesaian damai masalah nuklir Iran dan krisis Suriah.

Menteri luar negeri Iran dalam kunjungan sehari ke Italia pada 19 November lalu bertemu dan berunding dengan Menlu Bonino.

Kedua menteri luar negeri juga telah bertemu di sela-sela sidang ke-68 Majelis Umum PBB di New York.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013