Baznas juga memberikan layanan evakuasi, dapur umum, air bersih, dan juga membantu fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengirim tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) ketiga untuk membantu para korban bencana alam di sejumlah wilayah di Sumatera Barat.
 
"Alhamdulillah, kita dapat meluncurkan bantuan kemanusiaan tidak hanya materi tetapi juga menerjunkan tim SDM yang sangat tangguh dan berpengalaman," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam pelepasan tim BTB di Kantor Baznas di Jakarta, Kamis.
 
Noor mengatakan tim yang diturunkan terdiri atas 39 orang personel, dengan dua orang di antaranya adalah dokter.
 
Selain pengiriman personel, kata dia, Baznas juga menurunkan sejumlah armada yang terdiri atas mobil rescue, mobil dapur umum, dan mobil klinik layanan kesehatan.
 
Ia mengungkapkan bantuan dengan menerjunkan armada kendaraan dimaksudkan agar bantuan dapat bergerak ke tempat-tempat yang terisolasi dan membutuhkan.

Baca juga: Tinjau korban lahar dingin, Mensos: Relokasi warga di zona likuefaksi

Baca juga: BNPB: Total 67 orang meninggal dunia dalam bencana banjir lahar Marapi
 
"(Armada) ini akan mobile, akan pindah-pindah. Oleh karena itu kami menggunakan rumah sakit mobile, dapur mobile, karena biasanya teman-teman selalu berpindah-pindah," ujarnya.
 
Rencananya, kata Noor, para personel BTB akan disiagakan selama satu minggu, dan dapat diperpanjang jika dibutuhkan.
 
Terkait hal tersebut, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan mengatakan tim yang diterjunkan ini adalah tim yang ketiga dari dua tim yang sudah ada di lokasi.
 
"Baznas juga memberikan layanan evakuasi, dapur umum, air bersih, dan juga membantu fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan, seperti yang sudah dilakukan tim BTB sebelumnya yaitu membangun jembatan darurat," ujarnya.
 
Baznas mengajak masyarakat untuk membantu meringankan korban bencana Sumatera Barat melalui Dompet Bencana Kemanusiaan BAZNAS, melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 900.005.5740 atau dapat melalui dompet digital baznas.go.id/sedekahbencana.

Baca juga: Baznas nantikan respons pemerintah terpilih soal makan siang gratis

Baca juga: Baznas bangun jembatan darurat untuk korban banjir bandang Sumbar

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024