Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyatakan sebanyak 8.644 calon haji Indonesia akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Kamis ini.

Seluruh jamaah calon haji yang berangkat pada hari ini terbagi ke dalam 22 kelompok terbang (kloter) dari seluruh Indonesia dan akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.
 
"Hari ini terdapat 22 kloter dengan 8.644 orang akan diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.  
 
Secara rinci, Widi menyebutkan seluruh jamaah calon haji yang diberangkatkan berasal dari berbagai embarkasi, di antaranya embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter dan embarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 orang atau satu kloter.
 
Selanjutnya, embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 833 orang atau dua kloter, dan embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 orang atau satu kloter.
 
"Kemudian embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 1.350 orang atau tiga kloter, embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 orang atau satu kloter," ujarnya.
 
Kemudian, kata Widi, embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.800 orang atau lima kloter dan embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.855 orang atau lima kloter.
 
Selanjutnya, embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang atau satu kloter, embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 orang atau satu kloter, serta embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter.
 
Widi menyampaikan kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.
 
Selain itu, ia juga mengimbau kepada jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.

Baca juga: Kemenag minta Garuda Indonesia profesional layani JCH Indonesia
Baca juga: Jamaah Embarkasi Makassar 05 sujud syukur setibanya di Bandara Madinah
Baca juga: Sempat tertunda 450 JCH embarkasi Makassar kembali diberangkatkan  

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024