Roma (ANTARA News) - Juventus akan mengakhiri 2013 dengan keunggulan lima angka di puncak klasemen Liga Italia setelah menang 4-1 di markas Atalanta, yang memperpanjang laju kemenangan mereka di liga menjadi sembilan pertandingan pada Minggu.

AS Roma tetap menjadi pesaing terdekat mereka, saat mereka menutup tahun dengan kemenangan 4-0 atas tim juru kunci Catania dengan dua gol disumbangkan oleh pemain bertahan Mehdi Benatia.

Gol ke-11 Carlos Tevez di liga musim ini tercipta pada menit keenam, dan gol-gol dari Paul Pogba, Fernando Llorente, dan Arturo Vidal mempererat cengkeraman pasukan Antonio Conte di puncak klasemen dengan 46 angka dari 17 pertandingan.

Roma, yang masih belum terkalahkan, mengoleksi 41 angka setelah mereka menaklukkan tim asal Sisilia dengan gol-gol yang juga datang dari Mattia Destro, gol ketiganya dari jumlah pertandingan yang sama, dan Gervinho.

"Babak pertama tidak sangat bagus namun pada babak kedua (permainannya) gemilang. Babak kedua merupakan hal sebagaimana saya selalu ingin melihat Roma," kata pelatih Roma Rudi Garcia.

"41 angka setelah 17 pertandingan merupakan hal luar biasa, pada tahun lainnya kami akan akan berada di puncak. Namun tahun ini, Juvelah yang memenangi setiap pertandingan."

Gol ke-14 Giuseppe Rossi di liga musim ini membantu Fiorentina meraih kemenangan tipis 1-0 di markas tim papan bawah Sassuolo, dan mengumpulkan 33 angka di peringkat keempat, tiga angka di belakang Napoli.

Hellas Verona menghancurkan tamunya Lazio dengan skor 4-1 melalui dua gol Lua Toni, dan gol-gol lain dari Romulo dan Juan Iturbe.

Mereka naik ke peringkat kelima dengan 29 angka, unggul satu angka atas Inter Milan, yang baru akan memainkan pertandingan derby Milan pada Minggu malam (19.45 GMT).

Sampdoria meneruskan laju tidak terkalahkan mereka di bawah pelatih baru Sinisa Mihajlovic dengan bermain imbang 1-1, sedangkan Torino kini terpaut tiga angka dari Inter berkat kemenangan 4-1 dari tamunya Chievo.

Juve memimpin sejak menit keenam ketika Tevez mendapat operan dari Arturo Vidal dan melepaskan tembakan masuk ke gawang Atalanta.

Maxi Morales menyamakan kedudukan sembilan menit kemudian, melepaskan tembakan mendatar ke arah sudut gawang dan melewati kiper Gianluigi Buffon, gol pertama yang masuk ke gawangnya dari sembilan pertandingan liga.

Bagaimanapun, sang juara bertahan tetap memuncaki klasemen, dan Pogba membawa mereka kembali unggul setelah turun minum, dengan tenang ia melepaskan tembakan setelah Llorente menyentuh umpan silang Kwadwo Asamoah.

Llorente menepis semua keraguan akan hasil ketika ia menyambut operan Giorgio Chiellini dengan punggungnya menghadap ke gawang, dan dengan brilian meengambil posisi untuk menembak sebelum melepaskan tembakan.

Sepakan jarak jauh dari Alessandro Diamanti membantu Bologna mengalahkan Genoa 1-0 dan keluar dari na degradasi, mengangkat sedikit tekanan terhadap pelatih Stefano Pioli.

Menurut laporan sejumlah media lokal yang dilansir Reuters, ketua Bologna Albano Guaraldi menginginkan legenda Italia Roberto Baggio menggantikan Pioli, yang mendapat dukungan besar dari penggemar tuan rumah. Bagaimanapun, posisinya masih belum pasti.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013