Permainan anak-anak terus membaik dan kami akan fokus menghadapi partai final lawan Arema,"
Surabaya (ANTARA News) - Kesebelasan Persebaya Surabaya melaju ke babak final turnamen Piala Gubernur Jawa Timur 2013 dan akan berjumpa dengan Arema Cronus pada pertandingan yang dijadwalkan berlangsung, Selasa (24/12).

Pada laga semifinal, Minggu, Persebaya menang tipis 1-0 atas juara bertahan Persela Lamongan melalui gol dari penyerang asal Kamerun, Emmanuel "Paco" Kenmogne, di menit ke-70.

Pertandingan semifinal antara Persebaya dengan Persela digelar tanpa penonton di komplek militer TNI AL Stadion Bumimoro, Surabaya, karena panitia kesulitan mendapatkan izin keamanan dari kepolisian.

Sementara itu, Arema Cronus yang bertanding di kandangnya Stadion Kanjuruhan Malang, mengalahkan Persegres Gresik United dengan skor 4-2.

Empat gol tim berjuluk "Singo Edan" masing-masing dicetak Christian Gonzales menit ke-14 dan 41, Ahmad Alfarizi menit ke-47, dan penalti Gustavo Lopez pada menit ke-84. Sedangkan dua gol balasan Persegres dibukukan Rheza Mustofa pada menit ke-32 dan Jimmy Suparno menit 63.

Asisten pelatih Persebaya Tony Ho menyatakan bersyukur timnya bisa menang dan lolos ke final, karena sebenarnya laga lawan Persela tidak mudah, apalagi kondisi lapangan Bumimoro kurang bagus.

"Permainan anak-anak terus membaik dan kami akan fokus menghadapi partai final lawan Arema," katanya seusai pertandingan.

Hujan deras yang mengguyur Kota Surabaya pada Minggu, membuat kondisi lapangan Bumimoro semakin berat karena beberapa bagian tergenang air yang membuat jalannya bola sering terhenti.

Beruntung, Persebaya bisa memanfaatkan peluang saat Greg Nwokolo yang melakukan akselerasi ke pertahanan Persela, bisa mengirimkan umpan untuk diteruskan Paco menjadi gol.

Asisten Manajer Persela Yuhronur Efendi mengatakan persiapan timnya menghadapi turnamen Piala Gubernur sangat pendek dan pemain juga belum lengkap, sehingga masuk semifinal sudah merupakan hasil maksimal.

"Sebenarnya kami berharap bisa masuk final lagi, tapi Persebaya lebih beruntung bisa mencetak gol. Setelah ini, kami akan fokus membentuk tim untuk persiapan menuju kompetisi ISL," ujarnya.

(D010/E011)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013