Saya sebelum ikut kejuaraan itu biasanya mencuci tangan dan kaki ibu dengan air lalu airnya saya minum
Jakarta (ANTARA) - Atlet angkat besi (lifter) putra andalan Indonesia Rizki Juniansyah mengungkapkan cara dirinya menambah kekuatan dari sang ibu ketika hendak menghadapi sebuah kejuaraan.

"Saya sebelum ikut kejuaraan itu biasanya mencuci tangan dan kaki ibu dengan air lalu airnya saya minum," ujar Rizki dalam konferensi pers yang digelar Visa Indonesia di Jakarta, Kamis.

Rizki mengemukakan hal itu berkaitan dengan kiat khusus yang dilakukan dalam menyiapkan diri menghadapi kejuaraan angkat besi.

Ia mengaku dirinya selalu merasakan adanya kekuatan tersendiri ketika melakukan hal tersebut, seperti saat menghadapi kejuaraan IWF World Cup 2024 di Thailand.

Baca juga: Lifter Rizki Juniansyah digdaya raih emas di kelas 73kg SEA Games 2023

Dalam kejuaraan itu, lifter berusia 20 tahun itu berhasil meraih medali emas pada kelas 73 kilogram (kg) dengan total beban angkatan sebesar 365 kg, sekaligus memecahkan rekor sebelumnya.

"Saya juga tidak menyangka bisa menyelesaikan angkatan saat kompetisi meskipun saat uji coba tidak mencapainya. Tapi saya percaya kekuatan itu salah satunya dari ibu saya," ujarnya.

Rizki kini sudah bergabung dengan Tim Visa angkatan 2024 yang di dalamnya terdapat sebanyak 117 atlet yang mewakili lebih dari 60 negara dan 40 cabang olahraga.

Baca juga: Visa Indonesia pastikan dukungan kuat bagi Rizki menuju Olimpiade

Ia bersama dua rekan lain lifter putra Eko Yuli lrawan dan lifter putri Nurul Akmal saat ini terus mematangkan persiapan menuju Olimpiade Paris melalui pemusatan latihan yang diadakan Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) di Jakarta.

Rizki berharap melalui latihan fisik yang intensif dan pembinaan mental yang dijalani ia dapat tampil optimal dan meraih prestasi dalam ajang olahraga tertinggi dunia di Paris.

"Saya ingin bisa memberikan yang terbaik dalam kesempatan pertama saya tampil pada Olimpiade ini," ujarnya.

Baca juga: KOI berharap Rizki Juniansyah jaga performa puncak jelang Olimpiade
Baca juga: Sekjen PABSI nilai keberhasilan Rizki Juniansyah ke Paris jadi kejutan

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024