Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh menyebutkan sebanyak 4.710 calon haji asal Aceh beserta petugas siap untuk diberangkatkan ke Tanah Suci, yang terbagi dalam 12 kelompok terbang (kloter).

“Insya Allah kloter pertama masuk asrama haji Embarkasi Aceh pada 28 Mei sore dan terbang pada 29 Mei sore,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Azhari di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk persiapan pemberangkatan jamaah haji pada 1445 Hijriah/2024 Masehi dari Aceh sudah matang. Kendati demikian, pihaknya terus menyempurnakan berbagai kesiapan lainnya.

Baca juga: Asrama haji Aceh siapkan 140 kamar untuk setiap kloter jamaah haji

Sejauh ini, lanjut dia, koper dan logistik lainnya untuk jamaah haji telah didistribusikan ke daerah, dan Kemenag kabupaten/kota yang membagikan langsung kepada jamaah calon haji.

Begitu juga untuk kesiapan asrama haji Embarkasi Aceh. Pada Senin (20/5), pihaknya juga akan melakukan simulasi pelayanan terpadu satu pintu atau one stop service untuk memberikan pelayanan maksimal bagi jamaah selama di asrama.

Pihaknya, kata Azhari, juga memberikan pelayanan khusus bagi jamaah lanjut usia sesuai dengan tema penyelenggaraan haji Indonesia tahun ini yakni haji ramah lansia.

Baca juga: Pemprov minta PPIH beri pelayanan ekstra JCH lansia Aceh

Tahun ini jumlah calon haji Aceh termasuk petugas sebanyak 4.710 orang, dan 219 orang di antaranya merupakan calon haji lansia. Pelayanan khusus bagi lansia sudah mulai diberikan sejak di asrama hingga berada dalam pesawat saat berangkat ke Arab Saudi.

“Jamaah lansia tidak ikut pelepasan jamaah. Semua dokumen diantar oleh petugas. Jamaah lansia juga ditempatkan di kursi kelas bisnis untuk memberi kenyamanan selama penerbangan,” ujarnya.

Untuk penyiapan dokumen kenaikan pesawat atau boarding pass semua jamaah dilakukan oleh petugas Bandara Sultan Iskandar Muda selama di asrama haji Embarkasi Aceh.

Baca juga: Kemenag bangun tiga pusat layanan haji terpadu di Aceh

“Saat ini semua calon haji yang akan berangkat tahun ini sudah memiliki visa. Proses X-Ray juga dilakukan di asrama haji, sehingga setelah turun dari bus pengantar ke bandara selanjutnya langsung naik pesawat,” ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024