Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menegaskan bahwa tindakan pijit atau urut tidak dapat menyembuhkan urat atau otot yang robek dan mengalami cedera akibat keseleo.

“Jadi kalau bicara keseleo, itu gampangnya ada sobekan di ligamen, ligamen itu urat yang menyambungkan antar tulang. Kalau misalnya sobek, pakai logika saja, dipijit apa bisa tersambung kembali?” kata dr. Andhika Raspati, SpKO dalam temu media di Jakarta, Kamis.

Dokter tim nasional balap sepeda Indonesia itu menjelaskan terapi massage maupun pijit hanya membantu pasien merasa nyaman dari rasa nyeri, merelaksasi tubuh dan mengurangi keluhan seperti tubuh terasa tegang, pegal dan lain sebagainya.

Baik otot tendon maupun urat baru dapat sembuh dari sobekan setelah melalui proses penyembuhan (healing time) dalam kurun waktu tertentu. Kecuali bila robekannya sangat besar, maka pasien membutuhkan operasi dan tindakan medis lainnya.

Baca juga: Jangan langsung diurut jika keseleo, ini yang harus dilakukan

Baca juga: Dokter: Pemijatan pada bagian tubuh terkilir harus ekstra hati-hati


“Makanya kita harus bisa membedakan mengurangi keluhan dengan menyembuhkan. banyak orang yang keseleo angkle, pergelangan kaki, diurut jadi enak. Benar enak, karena lebih rileks tapi apakah ligamennya menyambung? belum. Makanya kenapa banyak orang kena angkle, dipijit jadi kumat-kumatan, jadi sedikit injak lubang sedikit keseleo, kesenggol sedikit keseleo karena tidak dilatih, tidak ditangani sebagaimana semestinya,” ucap dia.

Lebih lanjut ia mengaku khawatir apabila sobeknya urat menyebabkan sendi seseorang menjadi tidak stabil. Misalnya ketika orang tersebut mengalami cedera di bagian lutut, jika kestabilan tubuh tidak terlatih dan robekannya cukup besar, sendi tersebut akan goyang seumur hidup.

Dengan demikian, ia menganjurkan bagi pasien yang mengalami hal serupa untuk rajin melakukan latihan stabilisasi tubuh. Contohnya dengan belajar berdiri satu kaki guna membantu sendi kembali stabil dan cedera tidak kumat di kemudian hari.

Kalaupun masih ingin mendapatkan tindakan pijit, Andhika menganjurkan masyarakat untuk pergi ke ahli yang benar-benar berkompeten dalam bidang tersebut agar dapat menghindari memburuknya kondisi, serta melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tindakan lainnya.

“Jadi oke, urut silahkan kalau pada masanya ya, kalau masih bengkak sekali itu tidak boleh,” kata dia.

Baca juga: Dokter: Pemijatan pada bagian tubuh terkilir harus ekstra hati-hati

Baca juga: Pasien skoliosis boleh dipijat?


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024