Jakarta (ANTARA News) - Tiga BUMN yaitu PT Bank Mandiri, PT Kimia Farma, dan PT Askes mengambil alih saham PT Asuransi Jiwa Inhealth (InHealth), anak usaha Askes dengan nilai akuisisi sekitar Rp1,75 triliun.

Penandatanganan perjanjian jual beli saham InHealth dilakukan di Gedung Bank Mandiri, Jakarta, Senin, yang disaksikan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Dengan akuisisi ini, Bank Mandiri akan memiliki 80 persen saham InHealth, sementara Kimia Farma dan Jasindo masing-masing memiliki 10 persen kepemilikan saham.

InHealth merupakan perusahaan jasa layanan asuransi kesehatan dengan jaringan terluas di Indonesia yang saat ini melayani 1,1 juta pemegang polis.

Proses akuisisi akan dilakukan dalam dua tahap, pertama Bank Mandiri akan memiliki 60 persen saham InHealth. Kimia Farma dan Jasindo masing-masing memiliki 10 persen saham, sementara PT Askes akan memiliki 20 persen saham di InHealth.

Tahap kedua dilakukan setelah masa transisi peralihan Askes menjadi BPJS Kesehatan selesai, untuk memastikan bahwa segala sesuatu dalam periode transisi, khususnya setelah penerapan BPJS akan berlangsung lancar.

Sebelum akhir periode transisi tersebut maka sisa 20 persen saham Askes di InHealth yang sudah diperjanjikan, akan dijual kepada Bank Mandiri.

Dalam proses akuisisi ini, Bank Mandiri bersama Kimia Farma dan Jasindo berkomitmen untuk memperkuat sinergi untuk menjadikan InHealth sebagai market leader di sektor asuransi kesehatan, khususnya dalam hal akuisisi nasabah dan layanan bagi pemegang polis.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013