Washington (ANTARA News) - Keluarga-keluarga AS terus meningkatkan belanja mereka pada November sekalipun pendapatan yang mereka bawa pulang naik lebih rendah dari yang diharapkan, Departemen Perdagangan AS mengatakan Senin dalam sebuah laporan.

Pengeluaran konsumsi pribadi AS naik 0,5 persen pada November, lebih tinggi dari laju pertumbuhan 0,4 persen pada Oktober, menurut laporan tersebut. Peningkatan pengeluaran tersebut sesuai dengan harapan para ekonom.

Pendapatan pribadi AS naik tipis 0,2 persen pada November, setelah penurunan 0,1 persen pada Oktober. Para ekonom sebelumnya memperkirakan pendapatan naik 0,5 persen pada bulan tersebut.

Tingkat tabungan AS, tabungan pribadi sebagai persentase dari pendapatan pribadi yang dipakai, semakin berkurang menjadi 4,2 persen pada November dari 4,5 persen pada bulan sebelumnya, menunjukkan orang sekarang lebih cenderung untuk menghabiskan daripada menyimpan.

Belanja konsumen menyumbang sekitar 70 persen dari aktivitas ekonomi AS. Ekonomi AS tumbuh jauh lebih baik dari yang diharapkan pada kuartal ketiga. Produk domestik bruto riil berkembang pada tingkat tahunan sebesar 4,1 persen dan pengeluaran konsumsi pribadi riil meningkat dua persen.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013