Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah Bambang 'Pacul' Wuryanto mengatakan, partainya ingin membawa semangat api abadi dari Mrapen dalam pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Partai di Ancol, Jakarta.

Hal itu disampaikan Bambang Pacul dalam acara pengambilan Api Abadi Mrapen Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat.

Baca juga: Semangat Pesta Olahraga Pantai Asia dari Api Abadi Mrapen

Dalam pelepasan ini hadir pengurus DPP, antara lain Ketua DPP Eriko Sotarduga serta Sukur H. Nababan, Ketua Fraksi PDIP di DPR RI Utut Adianto, dan Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi. Hadir juga Bupati Grobogan Sri Sumarni, anggota DPR RI Masinton Pasaribu, serta ratusan kader PDIP di Jawa Tengah.

"Pertama-tama kami ucapkan terima kasih karena berkenan hadir di Mrapen, para pengurus DPP Partai ada Pak Sukur Nababan, Mister Eriko Sotarduga. Pak Utut Adianto, Ketua Umum TMP Mas Hendi. Beberapa bupati dan wakil bupati. Rekan sekalian para kader partai, hari ini jam ini, di Mrapen nyala api abadi akan kita ambil semangatnya dibawa ke Rakernas Partai," kata Bambang Pacul dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: KSP bantah Presiden Jokowi sibukkan diri tak diundang Rakernas PDIP

Ketua Komisi III DPR RI ini juga menyampaikan terima kasih karena DPP PDIP memilih Jawa Tengah sebagai tempat pengambilan api abadi.

"Karena kata Bung Karno, semangat selalu digambarkan sebagai nyala bara api nan tak kunjung padam. Dalam ajaran Bung Karno menyebut nasional wil cita-cita, dan nasional geest itu semangat dan inilah bara api, api abadi adalah Api Perjuangan yang nanti akan kita bawa dalam rakernas partai," kata dia.

Baca juga: Politik kemarin, CASN Kemenag untuk IKN hingga Rakernas PDIP

Obor ini nantinya akan dibawa sejauh 526 km oleh pelari maraton.

"Merdeka, merdeka, merdeka. Kita semua semangatmu. Kita bersemangat sama-sama," ujarnya.

Baca juga: PDIP akan bahas sikap dan posisi partai di Rakernas V

Sebagai informasi, Rakernas V PDI Perjuangan ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya.

Baca juga: PDIP akan buka Rakernas V pakai Api Abadi Mrapen dari Jawa Tengah
Baca juga: PDI Perjuangan tak undang Jokowi dan Ma'ruf Amin di Rakernas V
Baca juga: Ganjar soal oposisi: Itu pribadi, kalau partai diputuskan di rakernas

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024