Jakarta (ANTARA) - Mantan striker Arsenal dan Manchester United Robin van Persie menjadi pelatih kepala anyar klub yang kini dihuni dua pemain timnas Indonesia Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On yaitu SC Heerenveen.

Heerenveen yang berkompetisi di Eredivisie Belanda akan mengumumkan Van Persie sebagai pelatih mereka pada Selasa (21/5) mendatang, dua hari setelah laga penutup musim ini melawan Sparta Rotterdam, di Stadion Sparta pada Sabtu (19/5) pukul 19.30 WIB bersama pelatih lama Kees Van Wonderen.

Meski belum ada pengalaman melatih tim senior, Van Persie sangat antusias terhadap pekerjaannya barunya ini yang akan dijalaninya bersama Heerenveen mulai musim depan.

“Profesi kepelatihan itu komprehensif dan menantang, dan saya mempraktikkannya dengan penuh semangat dan kesenangan. Saya ingin melanjutkan perkembangan saya dan peran pelatih kepala sangat sesuai dengan tujuan itu,” kata pria 40 tahun itu, dilansir dari laman resmi Heerenveen, Jumat.

“Oleh karena itu, saya senang dengan kesempatan yang ditawarkan oleh Heerenveen. Heerenveen adalah klub yang sangat bagus dengan tradisi yang kaya dan pendukung setia. Merupakan tantangan yang luar biasa untuk berkontribusi pada ambisi olahraga dan pengembangan klub sebagai pelatih kepala,” tambahnya.

Baca juga: Robin van Persie resmi jadi staf pelatih Feyenoord


Setelah pensiun sebagai pesepak bola profesional pada tahun 2019, striker asal Belanda itu itu mulai bekerja sebagai spesialis dan pelatih tim muda di Feyenoord, klub masa mudanya. Di sana ia bertanggung jawab atas Feyenoord U-18 pada musim lalu yang ia bawa memenangi 15 laga, lima imbang, dan 10 kekalahan dari 30 laga di kompetisi usia muda yang diikuti.

Selain Van Persie, Brian Pinas juga akan merapat ke Heerenveen. Pinas akan mendampingi Van Persie bersama Paul Simonis, Henk Brugge dan pelatih kiper Ruud Hesp.

Selain itu, Nico Romeijn (pelatih pengembangan spesialis) dan Yori Bosschaart (analis video) juga datang dari Feyenoord. Romeijn sendiri akan berkontribusi dalam pengembangan pelatih dalam perannya.

Saat ini Heerenven berada di posisi 10 klasemen sementara dengan 37 poin.


Baca juga: Solskjaer tak terima dikritik Robin van Persie

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024