Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat dan angin kencang berpotensi melanda kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara pada beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Sabtu.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian kota besar turun hujan ringan hingga lebat

Dia mengatakan BMKG akan membantu masyarakat mendapatkan informasi terkini peringatan dini cuaca ekstrem di kabupaten dan kota.

"Kami berharap warga berhati-hati ketika melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem. Kondisi cuaca seperti itu dapat menyebabkan banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang," ujarnya.

Baca juga: BMKG: Sebanyak 19 provinsi berpotensi diguyur hujan lebat

Ben menyebutkan kabupaten dan kota yang berpeluang dilanda cuaca ekstrem pada Minggu, 19 Mei 2024 yaitu Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pada Senin, 20 Mei 2024, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: BMKG deteksi Pesisir Jakarta berpotensi dilanda banjir rob

Sedangkan Selasa, 21 Mei 2024 cuaca ekstrem diprediksi melanda Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024