Tim kami sudah sangat sedikit saat ini
Liverpool (ANTARA News) - Brendan Rodgers, pelatih Liverpool, mengatakan ia hanya memiliki 17 pemain bugar setelah Jon Flanagan ikut masuk ruang perawatan akibat cedera hamstring jelang duel Boxing Day melawan Manchester City.

Flanagan yang biasanya menempati posisi bek kanan memainkan enam pertandingan terakhir sebagai bek kiri karena Jose Enrique cedera lutut. Flanagan cedera saat Liverpool menang 3-1 atas Cardiff Sabtu lalu.

Empat pemain senior Liverpool juga absen karena cedera seperti Steven Gerrard, Jose Enrique dan Coates yang cedera hamstring dan Daniel Sturridge yang cedera pergelangan kaki.

Liverpool harus berjuang dengan skuad yang terbatas untuk meladeni perlawanan Manchester City yang telah memenangi delapan pertandingan kandang mereka pada kompetisi musim ini.

"Tim kami sudah sangat sedikit saat ini. Kami hanya miliki 17 pemain, sangat disayangkan bagi kita ini terjadi pada periode sibuk. Kami harus memantau perkembangan Jon Flanagan yang cedera hamstring beberapa hari sejak melawan Cardiff," kata pelatih Liverpool seperti dilansir laman ESPN.

Pemain muda lainnya, Martin Kelly, yang menggantikan Flanagan ketika melawan Cardiff merupakan satu-satunya pilihan bagi Rodgers namun Kelly belum pernah menjadi starter sejak menderita cedera ligamen lutut ketika melawan Manchester United, September 2012. 

"Dia (Kelly) bekerja sangat keras untuk berlatih dan semua pemain tahu hal itu. Saya pikir dia menunjukkan saat ini tidak cedera. Kita bisa memberikan dia kesempatan," kata Rodgers.

Meskipun skuadnya didera cedera, Rodgers tertantang untuk menjadikan Liverpool tim pertama yang mampu menang di Stadion Etihad musim ini.

Liverpool bermain imbang 2-2 melawan City pada dua pertandingan liga musim lalu.

Martin Skrtel melakukan kesalahan back pass yang dimanfaatkan Carlos Tevez untuk menyamakan kedudukan pada pertandingan di Anfield Agustus 2012, sementara Pepe Reina, pada Februari setelah itu, juga melakukan kesalahan yang membuat City berhasil mengamankan satu poin di Etihad.

"Pertandingan melawan Manchester City tahun lalu kami adalah tim yang lebih baik, kandang dan tandang. Kami membuat kesalahan dan kami akhirnya imbang di dua pertandingan," kata Rodgers.

"Mereka akan tahu bahwa kami adalah tim yang bagus. Kepercayaan diri kami tinggi saat itu dan semua orang bisa melihat keberanian pemain kami untuk bermain sepak bola. Keberanian itu nyata," tambah Rodgers.

"Manchester City adalah tim yang dibangun untuk memenangi semua trofi di dunia. Tapi tim kami saat ini telah menjadi tim terbaik selama 17 pertandingan. Jadi ya, skuad kami memang tipis, kita punya pemain yang cedera tapi ini adalah kesempatan yang harus kita wujudkan," tambah Rodgers.

Liverpool kini berada di puncak klasemen Liga Premier pada hari Natal tapi Rodgers menyadari masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan jika mereka ingin menjadi juara dari Inggris untuk pertama kalinya sejak tahun 1990.

Para pemain di skuad Liverpool hanya bek sayap Glen Johnson, bek tengah Kolo Toure dan Daniel Sturridge yang telah merasakan gelar Liga Premier Inggris, sementara Rodgers baru memasuki musim ketiganya sebagai manajer di Liga Premier. Namun kurangnya pengalaman sebagai pemuncak klasemen sepakbola Inggris tidak akan mengganggu Liverpool.

"Anda perlu untuk mendapatkan pengalaman itu dari sini. Anda hanya mendapatkan dengan memenangi pertandingan. Tentu saja ada tim dengan banyak pengalaman lebih dari kita yang memenangkan gelar," kata Rodgers.

Penerjemah:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013