Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pers, Dr. Ninik Rahayu mengucapkan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya wartawan senior, Prof Salim Said pada Sabtu malam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

“Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Saya dan Dewan Pers menyampaikan duka cita mendalam. Allahumagjfirlahu Warhamhu Waafihi Wa’fuanhu. Insya Allah beliau husnul khotimah. Aamiin,” kata Dr. Ninik Rahayu melalui WA di Jakarta, Sabtu.

Dirinya menilai bahwa Salim Said merupakan sosok wartawan senior dan juga sahabat bagi semua wartawan tanah air. Tidak hanya aktif di dunia pemberitaan, Salim Said juga merupakan sosok yang aktif dalam industri perfilman tanah air.

“Prof Salim Said, adalah sahabat kita bagi kita semua, wartawan senior, tokoh pers dan perfilman nasional,” ucap dia.

Ninik Rahayu juga menjelaskan bahwa Salim Said merupakan sosok pemikir dengan daya yang kritis dan juga gigih. Hal tersebut membuat berbagai kemajuan di dunia pers nasional.

“Kegigihan, pemikiran dan daya kritisnya telah memajukan kemerdekaan pers di Indonesia,” ucap dia.

Salim Said juga dikenal seorang yang aktif dalam menuliskan buku yang banyak menghasilkan berbagai judul yang bertemakan, film, politik dan juga militer semasa hidupnya. Tidak hanya itu saja, Salim Said juga dikenal sebagai seorang yang giat dalam menimba ilmu.

Tidak hanya di Indonesia, Salim Said juga sempat menimba ilmu di Ohio State University. Tidak tanggung-tanggung, dirinya meraih tiga gelar sekaligus di sana, yakni magister Hubungan Internasional, Ilmu Politik, dan doktor Ilmu Politik.

Sebagai informasi, berita duka tersebut pertama kali dikabarkan oleh sang istri, Herawaty, melalui pesan singkat yang diterima sejumlah wartawan di Jakarta, Sabtu. Salim Said menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mengunkusomo (RSCM), Jakarta pada Sabtu malam sekitar pukul 19.33 WIB.

Dikabarkan jasad almarhum Salim Said disemayamkan malam ini di rumah duka di Jalan Redaksi Nomor 149, Kompleks Wartawan PWI, Cipinang, Jakarta Timur, serta rencananya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Minggu (19/5).

Baca juga: PWI berduka atas wafatnya tokoh pers dan perfilman Prof. Salim Said
Baca juga: Jenazah Prof Salim Said disemayamkan di kediamannya di Jakarta


Pewarta: Chairul Rohman
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024