... tidak akan melakukan hal ini sendirian, mitra China kami akan membantu kami... "
Moskow (ANTARA News) - Rusia dan China menegaskan kesanggupannya menjamin keamanan persenjataan kimia pemerintah Suriah saat persenjataan itu dibawa keluar negeri, kata seorang diplomat senior Rusia, Rabu.

"Kami telah memastikan bahan kimia itu  aman dimuat di kapal kontainer Belanda dan Norwegia dan diangkut di perairan Suriah. Dengan kata lain, kami akan mengawal kapal-kapal itu," kata Mikhail Ulyanov, kepala bidang keamanan dan perlucutan senjata Kementerian Luar Negeri kepada RIA Novosti.

"Kami tidak akan melakukan hal ini sendirian, mitra China kami akan membantu kami," katanya. "Ini akan menjadi pertama kalinya ketika militer Rusia dan China akan melakukan tugas-tugas profesional secara beriringan dalam krisis kehidupan nyata, tidak selama dalam latihan bersama."

Operasi menghancurkan gudang senjata pemerintah Suriah; lebih dari 1.000 metrik ton bahan kimia peringkat-senjata akan berlangsung dalam dua tahap. 

Senjata paling berbahaya harus dimusnahkan dari Suriah pada akhir Desember dan dihancurkan di laut pada April, sedangkan sisanya dijadwalkan dihancurkan pada pertengahan 2014.

Rusia adalah di antara banyak negara yang membantu upaya perlucutan senjata. Pekan lalu, Moskow mengerahkan 75 kendaraan di Suriah untuk mengangkut kargo berbahaya itu.

Rusia juga akan menyumbangkan hingga dua juta dolar Amerika Serikat untuk membiayai operasi internasional. Uang itu akan segera ditransfer ke rekening PBB.

Amerika Serikat akan menyediakan kapal angkatan laut di mana bahan kimia akan dinetralisir di perairan internasional, serta hampir 3.000 drum kontainer untuk menyimpan bahan kimia serta pelacak GPS untuk memantau pergerakan mereka.

Amerika Serikat juga akan menyediakan peralatan pemuatan, transportasi dan dekontaminasi.

Denmark dan Norwegia akan menyediakan kapal dan pengawalan militer untuk mengangkut bahan kimia Suriah di laut dan untuk membawa bahan kimia untuk dibawa di fasilitas komersial.

Finlandia juga menawarkan senjata kimia berkemampuan tanggap-darurat, dan Italia telah memberikan akses ke pelabuhan untuk pemindahan bahan kimia prioritas dari kapal Denmark dan Norwegia ke kapal Amerika Serikat.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013