Newcastle (ANTARA News) - Penampilan cemerlang Newcastle berlanjut Kamis malam tadi dengan menciptakan kemenangan ketujuh dalam sembilan laga terakhirnya saat mengalahkan Stoke City yang harus bermain sembilan orang dengan skor 5-1 di  St James Park.

Ini adalah kemenangan kandang ke-200 klub tersebut di Liga Premier.

Stoke unggul lebih dulu sebelum Glen Whelan dan Marc Wilson diusir ke luar lapangan menjelang babak pertama berakhir, sedangkan manajer Mark Hughes juga diperingkatkan wasit Martin Atkinson.

Kemenangan Newcastle yang semua golnya diciptakan pemain non Inggris ini membuat klub itu berada di peringkat enam atau satu poin di bawah Everton yang kalah mengejutkan 0-1 dari Sunderland.

Stoke unggul lebih dulu pada menit 29 lewat aksi individual Oussama Assaidi yang akhirnya memperdaya kiper Tim Krul.

Namun bencana datang beberapa menit kemudian setelah gelandang timnas Irlandia Glenn Whelan menerima kartu kuning kedua akibat melanggar keras Yohan Cabaye pada menit 39. Hughes menerima peringatan keras karena memprotes pengusiran Whelan itu.

Tiga menit kemudian Wilson menyusul Whelan ke luar dari lapangan setelah menarik kaos Loic Remy di kotak penalti yang akhirnya berujung hadiah penalti untuk Newcastle.

Namun tendangan penalti Remy dengan mudah digagalkan kiper timnas Denmark Thomas Sorensen.

Remy membalas kegagalannya ini dengan sebuah gol pada menit 44 setelah menerima kiriman matang dari Hatem Ben Arfa.

Ben Arfa kembali mengaransemen gol kedua pada menit 48 lewat Yoan Gouffran yang menciptakan gol keenamnya dalam Liga Premier musim ini.

Ben Arfa nyaris menciptakan golnya sendiri namun sayang tendangannya membentur tiang gawang.

Remy menciptakan gol keduanya dan gol ketiga Newcastle malam itu pada menit 56. Ini adalah gol kesepuluhnya di Liga Premier musim ini.

Ben Arfa kembali menunjukkan skill individunya namun sayang tembakannya membentur tiang gawang lagi.

Pada menit 66 giliran Yohan Cabaye yang menciptakan gol yang juga merupakan gol kelimanya musim ini.

Tuan rumah belum selesai dengan empat gol setelah Ben Arfa dijatuhkan di kotak penalti oleh Erik Pieters, hadiah penalti pun kembali diberikan kepada Newcastle.

Kali ini sang algojo Papiss Cisse tak menyianyikan kesempatan untuk menciptakan gol kelima Newcastle ke gawang Stoke yang sekaligus gol pertamanya di Liga Premier musim ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013